Senin, 06 Oktober 2014

Menipu Calon TKW, Wanita Asal Trenggalek Ditangkap Saat Indehoi di Hotel

Beritatrenggalek.com - Tim Satuan Reserse Kriminal Polres Sleman menangkap Siti Maesaroh, 24 warga  Karangploso Jambu Tugu, Trenggalek, Jawa Timur karena menipu empat calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Tersangka kami tangkap pada Sabtu 4 Oktober di daerah Magelang, saat tengah kencan bersama pacarnya di salah satu hotel di Magelang," kata Kapolres Sleman, AKBP Ihsan Amin.

Amin menjelaskan tindak pidana penipuan yang dilakukan tersangka berawal saat ia pulang dari Malaysia sebagai TKW. Merasa sudah memiliki pengalaman, tersangka kemudian berniat menjadi penyalur jasa TKI ke negeri jiran itu.

Tersangka mengunggah promosi penyaluran tenaga kerja melalui situs jejaring sosial Facebook.

Pengungkapan kasus itu berawal dari laporan korban asal Triharjo, Sleman. Sedangkan tiga korban lainnya yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi saksi.

Dilansir solopos.com, sejumlah calon tenaga kerja (canaker) yang menjadi korban antara lain Dwi Eri Listianingsih, warga Triharjo, Sleman; Fitri Mei Lina warga Nganjuk, Jawa Timur; Ina Hayati warga Blitar Jawa Timur dan Erlinawati asal Sragen, Jawa Tengah.

Dari hasil penipuannya, pelaku berhasil mendapatkan uang sebanyak Rp75 juta. Uang hasil penipuan digunakan untuk bersenang-senang seperti menginap di hotel dan membelikan pakaian kepada pacarnya.

"Barang bukti yang disita berupa buku tabungan, kartu ATM, tas, dua potong kemeja dan celana panjang yang dibeli untuk pacar pelaku dari hasil uang kejahatannya," paparnya.

Dari kasus penipuan yang dilakukan, pelaku dijerat dengan pasal 378 junto 372 KUHP. Selama proses hukum masih ditangani kepolisian, penahanan pelaku dititipkan di tahanan wanita Polsek Sleman.

Advertiser