Sabtu, 18 Oktober 2014

Kawanan Pencuri Toko di Pacitan Berhasil Ditangkap, 1 Tewas

Berita Pacitan - Kepolisian Resor Pacitan, Jawa Timur, berhasil membekuk kawanan pencuri yang membobol toko milik Sukirman, warga Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro. [Baca: Dikepung, Mobil Pencuri di Pacitan Dibakar]

Komplotan spesialis pembobol toko ini berasal dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Mereka yaitu Aoriyadi (38), Bukhori (42), Tukijan (41) dan Ahyali,(40)

"Satu pelaku tewas dihajar massa dan satu dimasih dirawat di rumah sakit karena mengalami luka-luka setelah dihajar massa," kata Kepala Kepolisian Resor Pacitan Ajun Komisaris Besar Aris Haryanto, Jumat (17/10).

Anggota kawanan yang menjalani perawatan adalah Tukijan. Adapun pelaku tewas setelah dihakimi massa pada Rabu (15/10) yakni Ahyali.

Dalam menjalankan aksinya, kata Kapolres, mereka membagi tugas. Dua orang menggangsir toko menggunakan linggis. Mereka juga memakai tang pemotong gembok untuk membuka kunci.

Seorang lainnya berperan sebagai sopir mobil Toyota Avanza. Mobil ini telah hangus karena dibakar massa. Seorang lagi bertugas memantau keadaan di sekitar toko yang menjadi sasaran kejahatan.

"Dari hasil pemeriksaan, mereka telah melakukan pencurian di dua tempat," ujar Aris.

Menurut Aris, beberapa hari yang lalu kawanan pencuri itu membobol toko milik Wijiyati di kawasan Pasar Ketro, Kecamatan Kebonagung. Puluhan bal rokok berhasil diambil dan dijual dengan harga sekitar Rp 4 juta.

Rabu lalu, pencurian rokok kembali dilakukan di toko milik Sukirman, warga Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro. Kali ini aksi mereka dipergoki warga.

Setelah kepergok mereka kabur kedalam hutan, tapi Ahyali dan Tukijan berhasil ditangkap. Dua pelaku lainnya, Aoriyadi dan Buchori, lolos. Namun, keduanya berhasil ditangkap sehari kemudian.

Kepala Kepolisian Sektor Sudimoro Ajun Komisaris Achmad Choiruddin mengatakan penangkapan pelaku pencurian juga dibantu oleh warga. Aoriyadi, kata dia, dibekuk saat hendak membeli sendal di Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro.

"Adapun Buchori ditangkap di dekat sungai dalam hutan yang berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek," ujar Achmad.

Polisi menyita barang bukti berupa satu karung rokok berbagai merek, linggis, alat pemotong gembok, dua pelat nomor mobil, dan uang tunai lebih dari Rp 2 juta. Uang tersebut berasal dari hasil penjualan rokok di wilayah Pacitan.

Advertiser