Senin, 13 Oktober 2014

Bus Harapan Jaya Terguling, Tujuh Penumpang Tewas

Beritatrenggalek.com - Bus Harapan Jaya jurusan Surabaya-Trenggalek terguling di depan Mahmil Medaeng, Waru, Senin (13/10) sekitar pukul 04.10 WIB. Akibatnya, 7 penumpang bus tewas.

Dilansir dari detik.com, bus Harapan Jaya nopol AG 7900 UR yang dikemudikan Teguh Hariyanto (39) membawa penumpang sebanyak 54 orang.

"Bus itu sudah balapan sejak keluar dari Terminal Purabaya. Kecepatannya diperkirakan mencapai 90 Km," kata Hanif salah satu penumpang Bus Harapan Jaya yang selamat.

Penumpang berusia 28 tersebut menambahkan, Bus Harapan Jaya melaju kencang bersamaan dengan Sumber Kencono. Rupanya Bus Harapan Jaya tidak bisa mengendalikan kemudi dan menabrak pembatas jalan dan penerangan jalan umum di sekitar Mahmil Medaeng.

"Bus yang saya tumpangi itu memang kencang dan dipepet sama Bus Sumber Kencono. Sopir tidak bisa kendalikan kemudi, bus langsung terguling," tambah Hanif.

[Baca juga: Kembali Memakan Korban, Bus Harapan Jaya Jadi Sasaran Amuk Massa]

Kasat Lantas Polres Sidoarjo, AKP Budi Setiyono menjelaskan, laka lantas itu terjadi karena bus yang dikemudikan Teguh, warga Kediri itu melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Bundaran Waru menuju Sepanjang.

Bus Harapan Jaya tersebut berusaha mendahului bus lain yang ada di depannya dari sisi kiri. Namun, karena kecepatan tinggi, sopir bus tak mampu mengendalikan kemudinya dan terguling menabrak pembatas jalan.

"Sejak keluar dari Terminal Bungurasih, bus ini (Harapan Jaya) sudah saling mendahului dengan bus lain. Dan saat berada di depan Mahmil, supir bus tak bisa mengendalikan kendaraanya dan terguling sampai menabrak pembatas jalan," terang Budi Setiyono di lokasi kejadian usai evakuasi korban.

Usai kejadian, lanjut dia, Sat Lantas dari Polda Jawa Timur dan Polres Sidoarjo segera melakukan olah TKP dan melakukan evakuasi seluruh korban. "Tujuh orang meninggal dunia, lainnya mengalami luka-luka," ucapnya.

Untuk korban meninggal, kata dia, segera dievakuasi ke RSUD Sidoarjo. "Sedangkan korban luka sebagian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jawa Timur," tandas dia.

Berikut nama korban tewas:

1. Ibnu Markaban (34), warga Jalan Merbabu, Kecamatan Mojoroto, Kediri

2. Sawal (54), warga Sopokulon, Karanganyar Gandusari, Trenggalek

3. Sukardi (75), warga Ploso Kidul, Ploso Klaten, Kediri

4. Kasyadi (50), warga Desa/Kecamatan Kepung, Kediri

5. Priyo Wahyu Hidayat (46), warga Manyar Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya

6. Siniyem (55), warga Bangsongan, Kecamatan Kayon, Kediri
7. Mr x

Advertiser