Jumat, 29 Agustus 2014

Pemkab Trenggalek Usulkan Pembangunan Pelabuhan Barang di Prigi

Beritatrenggalek.com - Untuk mempermudah aktivitas ekspor-impor dari kawasan Jawa Timur bagian barat dan sekitarnya, Pemkab Trenggalek mengusulkan pembangunan pelabuhan barang di sekitar perairan Prigi, Kecamatan Watulimo.

"Usulan itu sudah kami koordinasikan ke dinas perhubungan provinsi, beberapa waktu lalu. Dalam proposal tersebut, pelabuhan barang diproyeksikan berada satu kawasan dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi," kata Bupati Trenggalek, Mulyadi Wr, seperti dikutip dari antarajatim.com, Kamis (28/8).

Menurutnya, Pembangunan pelabuhan barang di perairan Prigi yang terletak di pesisir selatan bagian Timur Kabupaten Trenggalek jauh lebih strategis dibanding pelabuhan serupa yang kini tengah dibangun pemerintah di Kabupaten Pacitan. Selain lokasinya yang beredekatan dengan pelabuhan besar berskala nasional, posisi geografis Trenggalek mudah dijangkau oleh para pelaku industri maupun eksportir/importir yang berada di kawasan eks-Karesidenan Mataraman, seperti Kediri, Blitar, Tulungagung, Madiun serta Ponorogo.

"Di Prigi saya kira lokasinya lebih 'visibel' (mudah dilihat/dijangkau) ketimbang di Pacitan. Para pelaku industri dari daerah-daerah sekitar tentu akan lebih mudah mengakses dari sini (Trenggalek) dibanding dari Pacitan," ujarnya.

Mengenai infrastruktur jalan yang belum memadai, Mulyadi memastikan daerah siap memperbaiki. Akses menuju kawasan ini bahkan dia yakini akan semakin mudah seandainya proyek pembangunan jalur lintas selatan (JLS) yang melintasi daerah ini, tuntas. "Kami berharap pelabuhan barang di Prigi nanti lebih besar daripada yang di Pacitan, sehingga aktivitas ekspor-impor tidak harus ke Surabaya," cetus Mulyadi.

Perairan atau Pantai Prigi terletak di ujung timur Kota Trenggalek dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer, atau sekitar 50 kilometer dari Kota Tulungagung yang ada di sebelah timur. Perairan Prigi berbentuk teluk yang menjorok ke dalam. Di perairan ini, berdiri sebuah pelabuhan berskala nasional yang mampu menampung kapal-kapal dengan tonase besar.

Advertiser