Rabu, 09 Juli 2014

Tim Jokowi-JK Laporkan Politik Uang di Trenggalek

Beritatrenggalek.com - Tim Pemenangan Jokowi-JK di Trenggalek, Jawa Timur melaporkan tiga kasus dugaan politik uang ke panitia pengawas pemilu (Panwaslu) setempat.

Tim Advokasi Jokowi-JK di Trenggalek, Puji Handi mengatakan, kasus dugaan politik tersebut terjadi di Desa Ngadirejo Kecamatan Pogalan.

Menurutnya sejumlah warga di desa tersebut diberi uang oleh salah satu pengurus partai politik pengusung Prabowo-Hatta sebesar Rp 20 ribu per orang. Selain itu warga juga diminta untuk memilih calon presiden nomor urut satu.

Saat ini barang bukti tiga lembar uang pecahan Rp20 ribu telah diserahkan ke panwaslu untuk dijasikan barang bukti. "Kami melaporkan aksi bagi-bagi uang di Desa Ngadirejo, di desa tersebut ada yang mengaku timnya Prabowo-hatta yang membagi-bagikan uang masing-masing Rp20 ribu per orang," kata Puji Handi.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Trenggalek, Undarwari mengaku langsung memindaklanjuti laporan tersebut dengan memeriksa saksi pelapor. Namun demikian panwaslu belum berani memastikan apakah kasus tersebut masuk dalam kategori politik uang. Untuk memastikan kasus itu, panwaslu bakal memanggil sejumlah saksi serta terlapor.

"Sekarang laporan kami terima, kemudian akan kami proses sesuai dengan mekanisme penanganan pelanggaran. Jadi ini masih dalam proses," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah relawan Jokowi-JK juga melaporkan kasus dugaan money politic yang terjadi di salah Desa Sukorame, Kecamatan Gandusari, Trenggalek. Dalam kasus tersebut sejumlah warga juga mendapat pemberian uang Rp20 ribu per orang agar memilih calon tertentu. 

Sumber: portalkbr.com

Advertiser