Kamis, 17 April 2014

Polres Trenggalek Ringkus Komplotan Pengendam

Beritatrenggalek.com - Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur berhasil mengamankan komplotan penggendam yang diduga kerap beraksi di wilayah Trenggalek-Pacitan.

Tiga dari empat pelaku, yakni Misno, 40, dan Rusdi, 36, asal Kota Pasuruan serta Sutrisno, 47, asal Gemarang, Kabupaten Madiun, tak berdaya saat dibekuk petugas.

Mereka ditangkap di perbatasan Pacitan-Trenggalek. Tepatnya, di Dusun Bawur, Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, Pacitan, Selasa (15/4) sekitar pukul 20.00 WIB. Sedangkan satu pelaku lain yang sudah diketahui identitasnya masih buron. Pasalnya, petugas kehilangan jejak setelah pelaku melarikan diri masuk ke dalam hutan setempat.

Seperti dikutip dari radarmadiun, penangkapan bermula saat Arsitun, 45, warga Dusun Kempong, Desa Mulung Wetan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, menjadi korban gendam. Dua buah cincin dan satu kalung milik Arsitun, total sekitar 12 gram dipreteli pelaku yang menyaru sebagai kiai.

"Semua pelaku di dalam mobil mengenakan sorban, seperti kiai," ungkap Arsitun.

Arsitun menuturkan keempat pelaku menumpang Toyota Avanza silver bernopol N 900 VD mendatanginya usai dia menyapu halaman depan rumahnya. Salah pelaku turun dari mobil dan menanyakan arah menuju Trenggalek, alamat salah seorang kiai. Setelah mendapat jawaban, pelaku menyalami korban.

"Saat itu saya disalami dengan lumuran sabun. Habis itu saya tidak ingat apa-apa. Setelah sadar kalung dan cincin saya sudah hilang," akunya.

Beruntung, meski sempat terhipnotis, Arsitun masih mengingat nopol kendaraan para penggendam itu. Dia pun meminta tolong pemuda sekitar untuk membuntutinya.

Sementara itu Arsitun, menelepon Polsek Panggul, Trenggalek, lantaran pelaku kabur ke arah Pacitan. Anggota Polsek Panggul langsung menyiapkan barikade.

"Pelaku menerobos barikade yang dibuat anggota kami," ujar Kapolsek Panggul AKP Moch Solikhin.

Tindakan nekat pelaku menerjang barikade polisi membuat warga geram. Bersama petugas Polsek Panggul, warga melakukan pengejaran hingga ke perbatasan Pacitan-Trenggalek. Pelaku tersudut setelah mobil petugas menghadang di depannya.

Namun, para komplotan penggendam itu tak surut nyali. Hingga memaksa petugas menembakkan timah panas yang mengenai kaca samping kiri bagian belakang.

"Setelah terdengar tembakan, pelaku langsur kocar-kacir masuk hutan wilayah Pacitan," jelasnya.

Dalam pencarian itu, tersangka Rusdi dipergoki warga sedang bersembunyi di balik semak-semak. Tak urung, Rusdi jadi bulan-bulanan massa.

"Pelaku langsung kami larikan ke Puskesmas Bodag, untuk mendapatkan perawatan intensif lantaran mengalami luka di kaki dan kepala," terangnya.

Sementara Kapolres Trenggalek AKBP Denny Setya Nugraha Nasution mengatakan pihaknya masih akan melakukan pengembangan kasus ini dengan pihak Polres Pacitan.

"Kami tetap berkoordinasi dengan Polres Pacitan terkait masalah ini. Sebab, ada kemungkinan para pelaku juga pernah melakukan tindak kejahatan serupa di daerah Pacitan," jelasnya.

Advertiser