Jumat, 14 Maret 2014

Ratusan Alat Peraga di Trenggalek Ditertibkan

Ratusan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang diseluruh jalan-jalan raya dan pinggiran kota Trenggalek, Jawa Timur yang pemasangan maupun ukurannya dinilai menyalahi aturan ditertibkan petugas gabungan dari unsur Panwaslu, Satpol PP serta Kepolisian setempat.

Tidak hanya menertibkan APK milik para calon legislatif (caleg), tim gabungan juga menurunkan paksa baliho raksasa milik Partai Demokrat bergambar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono maupun pasangan Capres Win-HT. "Pembersihan alat kampanye oleh petugas gabungan dilakukan sesuai aturan yang sudah disepakati sebelumnya. Pembersihan APK juga melalui proses sosialisasi kepada parpol yang ada di Kabupaten Trenggalek," kata Ketua Panwaslu Trenggalek, Andi Sofyan, seperti dikutip dari antarajatim.com.

Dalam razia yang digelar mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai kali ini petugas gabungan membongkar baliho yang dipasang di sekitar lokasi pendidikan, perkantoran, serta keagamaan.

Beberapa lokasi tersebut sesuai ketentuan dalam pemasangan APK dilarang dengan alasan mengurangi kenyamanan dan keindahan. "Sudah sangat jelas sebelumnya. Jadi langsung saja kami bersihkan," kata Andi.

Dari hasil pembersihan kali ini, setidaknya petugas gabungan berhasil menyita lebih dari dua ratus APK, khususnya milik para caleg, yang disita petugas di empat wilayah kecamatan sekitar pusat kota.

Empat wilayah sasaran penertiban APK itu masing-masing adalah Kecamatan Trenggalek, Karangan, Tugu serta Pogalan. "Sementara sasaran kami empat wilayah. Nanti akan kami lanjutkan lagi," jelasnya.

Seluruh APK hasil pembersihan menurut Andi akan dikumpulkan di Kantor Satpol PP Trenggalek. Bagi siapa saja khususnya pemilik baliho yang keberatan bisa mengambilnya dengan kesepakatan tertentu, yakni tidak dipasang di zona yang dilarang dan melebihi aturan. "Sudah jelas kok aturannya. Kalau melanggar pasti kami lepas," tuntasnya.

Advertiser