Selasa, 04 Maret 2014

Percetakan di Trenggalek Banjir Orderan

Beritatrenggalek.com - Pemilu yang sebentar lagi dilaksanakan secara serentak seluruh indonesia benar-benar membawa berkah tersendiri bagi percetakan di Trenggalek, Jawa Timur.

Mendekati masa-masa kampanye para caleg yang akan merebutkan kursi anggota dewan berusaha memperkenalkan dirinya melalui baliho, kartu nama, contoh surat suara dan lainnya.

Di salah satu percetakan baliho "Merdeka" di depan warung kopi mbah kwot misalnya nampak hilir mudik orang yang pesan baliho atau banner.

"Hari-hari begini orderan memang luar biasa bahkan kami sangat kewalahan karena tenaga dan mesin terbatas," ucap Adi salah satu karyawan percetakan Merdeka.

Adi menambahkan, minimal setiap caleg pesan 50 lembar bahkan ada yang 100 lembar tergantung finansial.

Lain lagi di percetakan anugerah yang khusus mencetak kartu nama caleg, stiker dan contoh surat suara."Hari ini untuk orderan cetak kartu nama kami stop dulu sementara karena keterbatasan mesin dan tenaga," ujar Supatno, pemilik usaha percetakan yang berada di sebelah kantor dinas pendidikan Trenggalek.

Supatno menambahkan, biasanya pesenan kartu nama setiap caleg antara 1000 lembar sampai 10 ribu lembar, sedangkan untuk contoh surat suara biasanya tidak banyak sekitar 500 lembar.

"Keuntungan ya lumayan lah, yang jelas pesanan meningkat 10 kali lipat dari hari-hari sebelumnya" ujar pria yang juga membuka cabang percetakan di Panggul dan Surabaya ini.

Dari pantauan beritatrenggalek.com di percetakan nampak ada kartu nama beberapa caleg yang masih tersisa, seperti Lamuji dan Mugianto dari caleg Demokrat,Agus dari PKS, Supramono dari Hanura, Pranoto dari PDI-P, dan hampir semua caleg dari PPP order di percetakan anugerah ini.

Mendekati hari pemilihan tanggal 9 april nanti para caleg memang luar biasa dalam pengeluaran untuk belanja cetak baliho dan kartu nama agar memudahkan calon pemilihnya mengenal caleg yang bersangkutan, maka tak heran bahwa pesta rakyat kali ini juga pestanya usaha percetakan untuk meraup untung.(Bam)

Advertiser