Kamis, 06 Februari 2014

Tanah Ambles di Trenggalek Ancam Pemukiman

Beritatrenggalek.com - Akibat guyuran hujan terus-menerus, sebidang tanah seluas lapangan tenis di Dusun Swaru, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, ambles hingga kedalaman satu meter sehingga berpotensi longsor.

Jiyat, salah satu warga setempat mengatakan, amblesnya tanah tebing di atas pemukiman warga diketahui pada Minggu (1/2). Saat itu, salah seorang warga yang sedang berada dikebun mendapati rekahan tanah pada sisi tebing dengan garis memanjang sekitar 30-an meter.

Kondisi rekahan pada hari selanjutnya semakin parah seiring hujan deras yang terus mengguyur dan mengisi celah/rongga tanah yang ambles. "Di bagian bawah tanahnya juga sudah bergeser mendekati tembok. Cepat atau lambat longsor pasti (akan) terjadi," ujarnya, seperti dikutip dari antarajatim.com.

Sementara itu Paiman (40), salah seorang pemilik rumah yang mengungsi, mengatakan ada tiga rumah yang ada persis di bawah tanah tebing saat ini mengungsi ke daerah aman. "Kami khawatir pergerakan tanah kembali terjadi dan menyebabkan longsor," katanya.

Meski pergerakan tanah belum menyentuh tembok rumah penduduk, sebagian warga memilih mengungsi. Mereka bahkan telah mengevakuasi seluruh harta bendanya di dalam rumah dengan dibantu puluhan warga secara gotong-royong.

Mereka mengaku pasrah karena merasa tak bisa melawan kodrat alam.  Mereka memilih mengungsi bersama keluarganya setiap kali turun hujan.(ant)

*Foto hanya ilustrasi

Advertiser