Sabtu, 08 Februari 2014

Kusta Tak Kunjung Sembuh, Pria Trenggalek Nekat Gantung Diri

Beritatrenggalek.com -  Kom (30) warga Desa Ngadisoko Rt 8 Rw 3  Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri, diduga karena penyakit kusta yang di deritanya bertahun-tahun tak kunjung sembuh, Sabtu (8/2).

Kapolres AKBP Deny Setya Nugraha Nasution Sik melalui Kasubag Humas AKP Siti Munawaroh membenarkan kejadian tersebut. Dari hasil pemeriksaan tidak ada unsur kriminal dalam kasus ini.

"Korban ditemukan sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu keluarga merasa curiga mengetahui korban tidak lagi didalam kamarnya dan ketika dipanggil juga tdk ada jawaban. Akhirnya setelah dicari ternyata korban sudah tergantung tak bernyawa disebuah pohon dibelakang rumahnya, yang kemudian kejadian ini dilaporkan kepada pihak berwajib," ujarnya.

Sementara itu, menurut pengakuan tetangga dari korban, bahwa korban kesehariannya sebagai orang pendiam ini memang menderita penyakit kusta, namun karena orang tak mampu sehingga tidak punya biaya untuk membiayai pengobatan.

"Mungkin ia frustasi sehingga ia nekat bunuh diri dengan cara menggantung di belakang rumahnya," ujar pria yang tak mau disebutkan nama.

Sementara itu, Arif Witanto selaku Koordinator Dewan Kesehatan Rakyat Jatim menyayangkan kejadian ini, sebenarnya ada program safari kusta, kalau ada kejadian seperti menunjukkan bahwa program safari kusta belum diterima sepenuhnya oleh masyarakat karena kurangnya informasi yang diterima terkait penanggulangan kusta di jawa timur khususnya trenggalek.

"Ini juga menunjukkan bahwa program safari kusta masih isapan jempol belaka. Dinkes Jatim harus berani menjemput bola, jangan menunggu bola saja dalam pelaksanaan program safari kusta ini," ujarnya.         

Ia berharap, semoga kejadian serupa tidak terulang lagi, dan semoga orang yang sakit bisa berobat ke rumah sakit, sehingga penyakitnya bisa ditangani oleh tim medis.(Bam)

Advertiser