Kamis, 23 Januari 2014

Unik! Petani Jepang Buat Jeruk Segi Lima

Buah jeruk umumnya bentuknya bulat dengan warna oranye. Hampir semua jenis buah sitrus ini mirip ciri-cirinya. Namun, percaya tidak? Petani di jepang merubah buah jeruk menjadi segi lima.

Para petani di Yawatahama, Ehime, Jepang ini. Mereka mengubah bentuk buah sitrus ini menjadi segi lima! Uniknya, buah ini dibuat sebagai jimat keberuntungan bagi murid-murid sekolah yang akan mengikuti ujian penerimaan siswa baru di Yawatahama, Ehime.

Di Jepang, jeruk bernama mikan. Sedangkan buah yang menyerupai jeruk ini bernama iyokan atau “Gokaku no iyokan”. Jeruk ini berbentuk seperti jeruk navel yang biasa dipotong menjadi dua bagian daripada dikupas.

Para petani yang memprakarsai bentuk buah ini bernama Keisuke Ninomiya, Akihiro Nagaoka, dan Jo Kubota. Mereka bergabung dalam klub bernama Hiduchi Tachibana. “Gokaku no Iyokan” juga berarti “aroma manis kesuksesan ujian”.

Seperti dilansir oleh Daily Mail (22/01/2014), foto-foto yang ada menampakkan para petani yang memegang buah yang masih tergantung di pohon.

Buah tersebut dimasukkan ke dalam benda semacam kayu yang berbentuk segi lima. Mungkin dengan alat inilah cara para petani mewujudkan jeruk bersegi lima ini.

Advertiser