Selasa, 21 Januari 2014

Puluhan Rumah di Pacitan Rusak Disapu Puting Beliung

Berita Pacitan - Puluhan rumah di Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur rusak akibat disapu angin puting beliung, Senin (20/1).

Seperti dikutip dari antarajatim.com, Selain merusak puluhan rumah, angin puting beliung juga mengkibatkan belasan hektare sawah dan kebun berantakan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang berlangsung kurang dari lima menit tersebut, namun kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai seratusan juta rupiah.

Menurut keterangan seorang warga, Katini, angin kencang datang secara tiba-tiba bersamaan dengan turunnya hujan. Meski berlangsung cepat, kuatnya terjangan angin membuat warga panik karena angin mampu menerbangkan atap rumah. "Saat itu semua warga ketakutan dan memilih menyelamatkan diri," ucap dia.

Setelah kejadian, warga dengan dibantu anggota kepolisian dan TNI berusaha membersihkan puing-puing rumah yang hancur.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Didit Maryanto mengatakan, terjadinya bencana puting beliung ini disebabkan karena lokasi kejadian berdekatan dengan wilayah pantai.

Ia memastikan personil BPBD yang tiba dilokasi kejadian kemudian melihat kondisi rumah warga yang rusak sekaligus melakukan inventarisasi.

"Dari data sementara yang dihimpun BPBD, tercatat sedikitnya 20 unit rumah di dua dusun, yakni Ngobyok dan Krajan, mengalami kerusakan. Sebagian besar berada di Dusun Ngobyok (14 unit rumah)," katanya.

"Selain itu, ratusan tanaman produksi seperti pohon kelapa, sengon, serta aneka tumbuhan kayu juga tumbang akibat kencangnya angin," tambahnya.(ant)

Advertiser