Rabu, 29 Januari 2014

Pemkab Trenggalek Izinkan Minimarket Buka 24 Jam

Beritatrenggalek.com - DPRD dan Pemkab Trenggalek, Jawa Timur memberikan izin operasional toko swalayan kecil atau minimarket selama 24 jam, tapi khusus pada hari besar keagamaan dan libur nasional.

Keputusan itu resmi disetujui setelah Pansus II DPRD Trenggalek melakukan sidang pleno pembahasan operasional pasar modern di wilayah tersebut.

"Ini merupakan kesepakatan antara dewan dengan tim asistensi Pemkab Trenggalek, setelah usulan penambahan jam buka pasar dan toko modern pada hari biasa ditolak oleh gubernur," kata anggota Pansus II DPRD Trenggalek, Satya Kurniawan, Selasa (27/1), seperti dikutip dari antarajatim.com.

Ia mengatakan penambahan jam operasional tersebut hanya khusus diperuntukkan bagi toko modern berskala kecil atau jenis minimarket. Sedangkan jam operasional supermarket pada hari besar diperbolehkan buka selama 14 jam (10.00 WIB - 24.00 WIB).

Khusus untuk penambahan hingga 24 jam tersebut, lanjut dia, rencananya bakal diatur secara khusus dalam peraturan bupati (perbup), selaku penjabaran perda tentang penataan pasar modern.

Satya menjelaskan, sebelumnya dalam perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2011 tentang perlindungan pembinaan pasar tradisional dan penataan pasar modern dan toko modern, DPRD berencana menambah jam operasional minimarket dari sebelumnya 13 jam menjadi 17 jam (09.00 WIB - 02.00 WIB). "Perubahan perda tersebut sudah kami sahkan, namun belum diundangkan karena menunggu evaluasi gubernur ini dan ternyata ditolak," ujarnya.

Dalam evaluasinya, gubernur meminta agar pemerintah daerah mempertimbangkan penambahan jam operasional toko modern, karena dikhawatirkan dapat menganggu eksistensi pasar tradisional. "Sehingga kami dan pemerintah kabupaten menyepakati untuk jam buka minimarket pada hari biasa tidak mengalami perubahan dan tetap seperti perda sebelumnya," imbuhnya.

Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur mengalami penambahan, hari Sabtu dan Minggu minimarket diberikan alokasi waktu buka mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB. "Semula kalau hari Sabtu dan Minggu itu, untuk minimarket hanya boleh buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB atau selama 13 jam, berarti sudah ada tambahan," kata Satya.

Dengan penyempurnaan tersebut maka Perda Nomor 9 Tahun 2013 Perlindungan, Pembinaan Pasar Tradisional dan penataan Pasar Modern dan Toko Modern yang merupakan perubahan atas perda sebelumnya bisa segera diundangkan.

Satya berharap, perubahan tersebut dapat membawa dampak yang positif terhadap pekembangan ekonomi di Kabupaten Trenggalek. Selain itu juga diharapkan dapat melindungi eksistensi pasar tradisional yang telah ada sejak lama.

Advertiser