Selasa, 14 Januari 2014

Jalur Provinsi Di Trenggalek Langganan Banjir

Saat terjadi hujan deras di Kabupaten Trenggalek,  Jalur milik Provinsi Jawa Timur yang berada di ruas Ngetal, Kecamatan Pogalan, rutin menjadi langganan banjir.

Salah satu warga Desa Ngetal, Doto, Selasa (14/1) mengatakan, luapan banjir yang terjadi di perbatasan antara Desa Ngetal dan Karangsoko tersebut terjadi karena saluran air yang ada tidak mampu menampung tingginya debit air yang mengalir dari lereng gunung. "Apalagi beberapa selokan sebelah timur ada yang buntu, sehingga air itu naik ke jalan raya," ujarnya, seperti dikutip dari portalkbr.com.

Doto menambahkan, genangan air tersebut bervariasi mulai 20 hingga 50 sentimeter, tergantung intensitas curah hujan yang turun. "Kalau di atas 50 sentimeter hampir dipastikan masuk ke rumah saya, hal seperti ini sudah berlangsung sejak lama," katanya.

Pemilik warung kopi ini menjelaskan, pada saat terjadi banjir hampir dipastikan banyak kendaraan sepeda motor maupun mobil mogok. Bahkan kejadian banjir tersebut juga kerap menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Biasanya kecelakaan di ruas Trenggalek-Tulungagung itu terjadi karena kendaraan melaju kencang, saat melintasi banjir.

"Begitu sampai di tengah biasanya mengerem mendadak, sehingga yang dibelakang nubruk," ujar Doto.
Pihaknya mengaku telah mengadukan persoalan itu ke pemerintah setempat, namun hingga kini belum ada tindak lanjut yang nyata. "Ini harus segera ditangani, kasihan para pengendara yang melintas, apalagi ini adalah jalur provinsi," tandasnya.(kbr)

Advertiser