Senin, 27 Januari 2014

Harga Ikan Laut di Trenggalek Naik Empat Kali Lipat

Beritatrenggalek.com - Harga sejumlah komoditas ikan laut di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengalami kenaikan seiring menurunnya hasil tangkapan nelayan setempat selama beberapa pekan terakhir.

Salah satu Nelayan di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Yaidi mengatakan, ikan tongkol yang biasanya dijual
dengan harga sekitar Rp5 ribu per kilogram, kini dijual hingga kisaran Rp15 ribu-Rp20 ribu per kilogram.

"Banyak nelayan yang tidak melaut karena cuaca buruk selama dua bulan terakhir. Selain itu hasil tangkapan juga menurun drastis, kini para nelayan beralih ke pekerjaan lain menjadi petani dan buruh bangunan," katanya, seperti dikutip dari antarajatim.com.

Penurunan hasil tangkapan membuat nelayan dan pedagang memanfaatkannya untuk menjual ikan dengan harga lebih tinggi.

Banyaknya permintaan yang tidak diimbangi dengan ketersediaan barang mendorong kenaikan sejumlah komoditas ikan laut mengalami kenaikan hingga empat kali lipat dibanding saat kondisi normal.

"Harga ikan tongkol merupakan salah satu yang mengalami kenaikan paling tinggi. Saat ini harga ikan itu paling tidak Rp15 ribu, bahkan bisa sampai Rp20 ribu per kilogram, padahal kalau lagi ramai hanya Rp4.000 sampai Rp5.000 per kilogramnya," timpal pedagang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Prigi, Kusniah.

Menurut sejumlah nelayan maupun pedagang, harga ikan diprediksi masih akan terus meroket hingga beberapa bulan ke depan karena mayoritas nelayan saat ini menghentikan aktivitas menangkap ikan dengan alasan kondisi cuaca serta musim ikan yang telah habis.

"Memang musimnya sudah lewat, paling nanti sekitar Mei-Juni atau setelah kondisi cuaca bagus nelayan kembali melaut. Pada saat itu biasanya ikan muncul lagi ke permukaan," kata Sobirin, warga nelayan Desa Prigi.(ant)

Advertiser