Kamis, 23 Januari 2014

Ekskavator Terguling Jalur Trenggalek-Pacitan Macet

Beritatrenggalek.com - Sebuah ekskavator terguling di jalur menanjak Dusun Blimbing, Desa Suruh, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dengan posisi melintang di tengah jalan, Rabu (22/1) sekitar pukul 08.00 WIB, mengakibatkan arus lalu lintas Trenggalek Pacitan macet selama beberapa jam.

Seperti dikutip dari antarjatim.com, tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan tunggal tersebut. Namun kendaraan besar dari arah Pacitan ke Trenggalek maupun sebaliknya nyaris macet total, hingga alat berat milik PLTU Paiton tersebut berhasil dievakuasi beberapa jam kemudian.

Sopir truk pengangkut trailer tersebut, Munaris menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Rencananya ekskavator itu akan dikirimkan ke Pacitan. Namun di lokasi kejadian kendaraan yang dikemudikan tidak kuat untuk menaiki tanjakan.

"Alat berat itu rencanya kami turunkan dan akan kami gunakan untuk mendorong truk," ujarnya.

Namun upaya itu justru berakibat fatal, saat proses menurunkan excavator dari atas truk, tiba-tiba alat berat melorot dan terguling di jalan raya.

Sementara itu, Kapolsek Suruh, AKP Mahmudi mengatakan, pihaknya mengaku saat ini masih menunggu alat berat lain untuk membantu proses evakuasi.

"Untuk mobil tangki maupun truk-truk besar hingga detik ini (sekitar pukul 12.00 WIB) masih belum bisa lewat,karena sebagai jalan tertutup," kata.

Sebelumnya, kejadian tergulingnya alat berat pernah terjadi di lokasi yang sama. Selain karena jalannya menanjak, jalur tersebut juga memiliki tikungan yang tajam. "Kami mengimbau kepada siapapun yang membawa alat berat untuk lebih berhati-hati dan menyiapkan pengaman yang lengkap," kata Kapolsek Suruh, AKP Mahmudi.(ant)

Advertiser