Kamis, 23 Januari 2014

Densus 88 Sisir Tulungagung

Berita Tulungagung - Satuan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-Teror menyisir wilayah Kediri dan Tulungagung, Jawa Timur. Mereka disebut tengah melacak jaringan teroris di wilayah Jawa Timur bagian selatan.
Seperti dikutip dari tempo.co, Kepala Kepolisian Resor Tulungagung Ajun Komisaris Besar Whisnu Hermawan Februanto membenarkan bahwa Densus telah berada di Tulungagung sejak Selasa, 21 Januari 2013 malam untuk menyisir sejumlah tempat. Namun Whisnu mengaku tidak tahu lokasi mana yang ditelisik Densus.

"Benar, saya memang dihubungi tim densus. Diberitahu ada kegiatan baru di sini," katanya, Rabu (22/1/2014).

Turun gunungnya anggota Densus ke dua daerah tersebut menyusul penangkapan dua anggota teroris wilayah Kedungcowek, Kenjeran, Surabaya lalu.

Informasi yang dihimpun, tim Densus kembali menyatroni wilayah Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung.

Sekedar mengingatkan, pada tahun 2013 lalu, wilayah Pagerwojo pernah menjadi tempat persembunyian dua orang terduga teroris. Keduanya ditembak mati saat hendak menumpang bus tujuan Tulungagung-Surabaya.

Adapun aktivitas mereka seperti apa, Whisnu tidak tahu karena tanpa melibatkan anak buahnya.
Sifat operasi  densus, kata Wisnu, bersifat tertutup.

"Mereka bisa bergerak ke mana saja, termasuk menyamar sebagai orang gila, pemulung, dan lainnya. Mereka ini orang-orang terlatih, lihai dalam penyamaran, termasuk bertahan di hutan dan pedalaman," jelasnya.

Mengenai ada tidaknya jaringan teroris di wilayah Tulungagung, Wisnu hanya mengatakan pengamanan telah diperketat, termasuk juga kos-kosan, SPBU dan musala yang berpotensi menjadi tempat sembunyi.

"Puluhan anggota satuan intelijen dan babinkamtibmas telah disebar hingga pelosok desa," tuturnya.(tp)

Advertiser