Kamis, 30 Januari 2014

AIPD Akan Bantu Trenggalek Agar APBD 2014 Prorakyat

Beritatrenggalek.com - Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) pada tahun 2014 ini akan kembali hadir di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

AIPD akan konsentrasi menangani masalah pengelolaan keuangan daerah dengan berkonsentrasi pada pelayanan dasar di bidang kesehatan dan pendidikan.

Pendekatan yang dilakukan adalah peningkatan kapasitas kepada eksekutif, DPRD dan CSO (Civul Sociaty Organization).

Dalam pertemuan yang digelar di Hotel Kartika Wijaya, Batu, Kamis (30/01), Asisten Program Direktur AIPD Jawa Timur, Purwida Liliek Haryati mengatakan, AIPD diharapkan dapat membantu Kabupaten Trenggalek menjadi lebih baik. Pemerintah menjadi lebih responsif dan DPRD serta masyarakat menjadi lebih aktif agar pelayanan publik menjadi lebih baik.

Sementa itu, Bupati Trenggalek Mulyadi, WR menyambut baik kehadiran AIPD. Dalam waktu dua tahun, AIPD terbukti sudah banyak membantu Kabupaten Trenggalek.

"Bagaimana kami lebih peduli dengan rakyat? Bagaimana kami bisa berkomunikasi dengan rakyat secara baik? Bagaimana kami membangun kemitraan dengan para pelaku kepentingan? Dengan adanya AIPD, kami banyak mendapat pengetahuan tentang hal itu," ujar Mulyadi, WR.

Maksum Abdul Hamid, salah seorang tokoh CSO Trenggalek sangat menyambut baik kehadiran AIPD. "Berkat AIPD, kami bisa mengetahui siklus AIPD. Seperti sekarang, saya dan kawan-kawan mengikuti Musrenbang. Kami bisa mengusulkan program-program kepentingan publik agar masuk APBD," Ujar Maksum.

Untuk APBD tahun 2014, kata Maksum, perjuangan untuk bantuan modal pedagang kecil telah masuk APBD tahun 2014.(pjh)

Dimana sebelumnya di tahun 2013 AIPD telah menfasilitasi terbentuknya forum beranggotakan unsur pimpinan DPRD, eksekutif, akademisi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan jurnalis.(pjh)

Advertiser