Senin, 23 Desember 2013

Puluhan Peserta "Trenggalek Dirt Rider Adventure II" berhasil dievakuasi

Beritatrenggalek.com - Puluhan peserta "Trenggalek Dirt Rider Adventure II (TDR 2)" yang terjebak di dalam hutan Watulimo selama kurang lebih 15 jam di kawasan pesisir selatan Kabupaten Trenggalek, Jatim, Minggu (22/12) malam akhirnya berhasil di evakuasi.

Dari sekitar 200-an "crosser" yang dilaporkan terjebak di belantara Hutan Watulimo, sepertiga di antaranya berhasil dievakuasi tim gabungan dari Badan SAR Nasional bersama TNI-Polri pada Senin dini hari.

Sebagaimana keterangan Kapolres Trenggalek AKBP Denny Setya Nugraha Nasution, sebanyak 20 peserta telah dijemput tim evakuasi melalui jalur darat dan laut. "Sisanya ada tiga yang masih bertahan di lokasi untuk menunggu kendaraan yang masih tertinggal, sementara sekitar 50 lebih peserta lainnya masih dalam penyisiran," terang Denny, seperti dikutip dari aktual.co.

Ia memastikan seluruh peserta yang masih terjebak di dalam hutan ataupun tersesat akan dievakuasi secepatnya. "Maksimal (Senin) pagi ini dievakuasi selesai," katanya.

Selain menggunakan sejumlah kapal ke titik-titik yang telah diidentifikasi sebagai lokasi peserta yang terjebak jalur berlumpur, tim gabungan juga mengerahkan belasan kendaraan dobel kabin untuk mengevakuasi para crosser. Namun proses evakuasi melalui jalur darat banyak mengalami kesulitan karena terkendala jalur yang berlumpur dan sebagian besar hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Untuk mengatasi kendala tersebut, tim evakuasi lebih banyak mengandalkan armada boat melalui jalur laut guna mempermudah sampai di lokasi penjemputan. "Fokus evakuasi adalah pada orangnya, kendaraannya sementara ditinggal di lokasi dan akan dievakuasi selanjutnya," tandas Denny.

Masalahnya, baik panitia maupun tim evakuasi tidak bisa memastikan berapa jumlah peserta yang masih terjebak di dalam hutan ataupun tersesat ke perkampungan penduduk.

Denny, kepada wartawan hanya mengisyaratkan bahwa 50-an peserta yang telah diidentifikasi di sekitar Pantai Klathak (sisi timur Prigi) saat berita ini ditulis sedang dalam proses evakuasi petugas. Terkait nasib 70-an crosser lain yang belum diketahui nasib dan keberadaannya, Denny menjanjikan penjemputan maksimal dilakukan pada Senin pagi.

Trenggalek Dirt Rider Adventure II yang dimulai pada Minggu sekitar pukul 08.00 WIB mulanya berlangsung gegap gempita.

Kegiatan penjelajahan jalur lintas selatan dengan menempuh jarak sekitar 60-an kilometer menggunakan kendaraan motocross tersebut diikuti hampir seribuan crosser dari berbagai daerah di Jatim dan Jateng.(akt)

Advertiser