Kamis, 26 Desember 2013

Buron Curanmor, Pemuda Trenggalek Ditembak Saat Mencoba Kabur

Beritatrenggalek.com - Hendra Ribut (24), pemuda asal Dusun Blimbing, Desa Dongko, Kecamatan Dongko, Trenggalek, Jawa Timur buron pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berhasil dilumpuhkan unit buru sergap Polres Trenggalek, Kamis dini hari, saat mencoba kabur dalam sebuah operasi penggerebekan di tempat persembunyiannya sekitar terminal Gadang, Malang.

Ia diidentifikasi sebagai pelaku tunggal pencurian sepeda motor di sejumlah tempat di wilayah tersebut.

Kini ia mendekam di tahanan Mapolres Trenggalek, setelah terlebih dahulu menjalani operasi pengangkatan proyektil peluru yang bersarang di kaki kanannya di RSUD dr Soedomo, Trenggalek.

Barang hasil curian diduga dijual di sebuah pasar gelap, bersama sindikatnya, di wilayah Malang.

"Tersangka ini merupakan residivis kambuhan yang telah empat kali keluar masuk penjara karena kasus yang sama," terang Kapolres Trenggalek, AKBP Denny Setya Nugraha Nasution, seperti dikutip dari antarajatim.com.

Polisi sejauh ini masih berupaya mengembangkan kasus tersebut, untuk mengungkap sindikat pencurian sepeda motor jaringan Hendra maupun para penadahnya di wilayah eks-Karesidenan Kediri maupun Malang.

Sumber di kepolisian menyebut, Hendra Ribut yang dinyatakan buron (DPO) polisi sejak beberapa bulan terakhir dikenal sebagai residivis yang "licin". Selain telah berulang kali masuk penjara karena kasus serupa, Hendra nyaris selalu berhasil lolos dari penggerebekan petugas.

Sebelum akhirnya ditangkap di sebuah rumah kos di sekitar Terminal Gadang dan ditembak saat mencoba kabur, Hendra Ribut tercatat sudah tiga kali lolos dari operasi penyergapan unit buru sergap Polres Trenggalek.

Hendra akhirnya berhasil dibekuk setelah petugas menyanggong di sekitar tempat persembunyiannya di wilayah Kecamatan Gadang selama kurang lebih dua pekan.

"Tersangka kami tangkap saat tidur lelap sekitar pukul 01.00 WIB," jelasnya.

Berdasar keterangan polisi pula, Hendra diidentifikasi sebagai pelaku pencurian sepeda motor di tiga tempat berbeda, dua di antaranya di wilayah Desa Ngrayung, Kecamatan Gandusari serta di wilayah Kecamatan Kampak.

"Seluruh barang bukti sudah berhasil kami sita," timpal Kasubbag Humas Polres Trenggalek, AKP Siti Munawaroh.(ant)

Advertiser