Selasa, 24 Desember 2013

Besok, Polisi Panggil Panitia Prigi Extreme Adventure

Beritatrenggalek.com - Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur, berencana memanggil panitia penyelenggara kegiatan Trenggalek Dirt Rider Adventure II (TDR 2) atau Prigi Extreme Adventure terkait insiden tersesatnya ratusan crosser di hutan kawasan Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur pada Minggu hingga Senin kemarin.

"Kami akan mengklarifikasi ke panitia tentang ada atau tidaknya unsur kelalaian dalam peristiwa tersebut," kata Kepala Polres Trenggalek, Ajun Komisaris Besar Denny Setya Nugraha, Selasa, 24 Desember 2013, seperti dikutip dari tempo.co.

Pemanggilan para panitia penyelenggara baru diagendakan pada Rabu besok, 25 Desember 2013. Sebab, hingga Selasa siang ini, mereka masih sibuk mengevakuasi puluhan sepeda motor trail yang ditinggal oleh pembalapnya di tengah hutan.

"Proses evakuasi diharapkan selesai hari ini, sehingga besok kami sudah bisa memanggil panitianya," ujar Kapolres.

Polisi perlu memanggil panitia, kata Denny, karena muncul komplain dari sejumlah peserta Extreme Adventure. Mereka menilai panitia penyelenggara tidak memperhitungkan risiko olahraga ekstrem yang dilaksanakan saat musim hujan. Salah satu komplain peserta, event itu diikuti oleh sekitar 1.100 crosser, namun jalur yang dilintasi hanya satu ruas.

Mashudi, salah seorang peserta, menuding panitia Prigi Extreme Adventure teledor hingga mengakibatkan ratusan crosser terjebak di hutan kawasan perbukitan. Ribuan peserta, kata dia, terpaksa berdesakan di ruas yang sama saat hujan lebat mengguyur.

"Seharusnya panitia mengubah jalur ketika hujan deras turun. Di arena juga tidak ada rambu petunjuk," kata Mashudi.

Prigi Extreme Adventure merupakan kegiatan komunitas trail yang digagas jajaran Komando Distrik Militer 0806 Trenggalek.

Acara itu akhirnya diambil alih oleh pemerintah setempat dan dihelat menjelang liburan Natal sebagai ajang promosi wisata daerah.

Selain menggelar Extreme Adventure, panitia dari komunitas motocross Trenggalek juga menggelar "Motocross Competition" di sirkuit Pantai Prigi. Acara Extreme Adventure menempuh jarak penjelajahan kawasan hutan pegunungan Watulimo sejauh 60-an kilometer.(tpo)

Advertiser