Senin, 09 Desember 2013

Belum Berizin, Post Shop di Trenggalek Dilarang Beroperasi

Beritatrenggalek.com - Dua toko swalayan "Post Shop" milik PT Pos Indonesia yang berada di Jalan Raya Durenan dan lingkar alun-alun Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dilarang beroperasi oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat karena belum berizin.

Kasi Trantip Satpol PP Trenggalek Wasito, Minggu, mengatakan sampai saat ini, pihaknya telah melayangkan dua kali surat teguran kepada masing-masing pengelola toko yang ada di Jalan Raya Durenan dan lingkar alun-alun Kota Trenggalek. "Kedua minimarket ini tidak boleh beroperasi , karena belum memiliki IMB (izin mendirikan bangunan), izin HO (gangguan), SIUP (surat izin usaha perdagangan), maupun TDP (tanda daftar perusahaan)," katanya, seperti dikutip dari antara.

Dijelaskan, apabila sampai surat peringatan ketiga tidak diindahkan, Satpol PP mengancam akan melakukan penutupan paksa. "Rencananya Senin (9/12) besok kami akan melayangkan surat teguran yang ketiga, semoga ada pengertian dari pengelola," ujarnya.

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan untuk memberikan kepastian hukum bagi investor yang menanamkan modalnya di Kabupaten Trenggalek. "Kalau terkait respon dari pengelola kelihatannya memang sudah ada, beberapa waktu lalu sudah menemui Pak Kasatpol PP, tapi hasilnya seperti apa belum tahu," ujarnya.

Sementara itu dari pantauan di lapangan, meskipun telah dilayangkan surat teguran kedua, toko swalayan yang berafiliasi dengan waralaba nasional tersebut sampai saat ini masih membuka usahanya. Hanya saja pengelola mengakali dengan membuka pintu samping, sehingga akses masuk ke toko tersebut menjadi satu dengan pintu utama kantor pos. Beberapa pembeli terlihat keluar masuk toko untuk membeli sejumlah barang kebutuhan dan mereka tetap dilayani seperti biasa.

"Jadi kalau dari depan memang pintunya ditutup, tapi di depan ada tulisan yang mengarahkan pembeli untuk masuk melalui pintu samping," kata Eko Priyono.(ant)

Advertiser