Jumat, 22 November 2013

Ulat Bulu Serang Permukiman di Trenggalek

Beritatrenggalek.com-Selama beberapa pekan terakhir ini, ribuan ulat bulu menyerang permukiman penduduk di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Ribuan ulat bulu itu menempel dan bergerak di halaman maupun dinding rumah penduduk, sehingga membuat sebagian warga panik.

Serangan ulat bulu paling banyak ditemukan di Kelurahan Surodakan, Kecamatan Trenggalek.

Sri Wahyuni, salah seorang warga Kelurahan Surondakan, mengatakan, serangan ulat bulu itu, tidak hanya di luar rumah, tapi di dalam rumah juga banyak, sehingga banyak warga sini yang mengalami gatal-gatal. Menurutnya, ribuan ulat tersebut sebelumnya hanya ada di pepohonan mangga yang ada di rumahnya, namun kemudian hewan yang juga dikategorikan sebagai hama tanaman ini mulai bermigrasi ke rumah-rumah penduduk.

"Kami tidak tahu apa penyebabnya, apakah karena panas atau yang lainnya, yang jelas hal ini membuat kami jadi terganggu," ujarnya.

Hal senada juga dikeluhkan oleh warga yang lain, Desitriani. Kata dia ulat bulu yang ada di lingkungannya tersebut juga banyak ditemukan menempel pada pakaian yang dijemur di luar ruangan. Warga yang mengetahui serangan ulat bulu tersebut, berusaha melakukan pembasmian dengan pestisida anti nyamuk dan serangga.

"Kalau tidak disemprot pasti sudah menyebar kemana-mana, ini sudah mendingan, tinggal sedikit," katanya, seperti dikutip dari antara.

Warga berharap dinas pertanian setempat untuk turun tangan melakukan pembasmian hama ulat bulu itu. Warga khawatir apabila tidak dilakukan pembasmian secara massal, hama tersebut akan semakin membesar dan mengganggu aktifitas warga.

"Untuk jenis ulat yang menyerang kampung kami ini, warga sini menyebutnya 'ulat geni', jadi kalau kena bulunya terasa panas dan gatal," kata warga lain, Boiman.(ant)

Advertiser