Kamis, 28 November 2013

Puskesmas di Trenggalek Buang Limbah B3 Sembarangan

Beritatrenggalek.com - Puskesmas Baruharjo, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur diduga telah membuang limbah B3 disembarang tempat. Limbah B3 Puskesmas tersebut dibuang dibelakang gedung dan hal itu sangat membahayakan lingkungan hidup.

Sutikno Slamet Sekretais Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Rabu (27/11) mengatakan, Puskesmas Baruharjo memang belum ada tempat Pembuangan limbah, dan baru tahun ini mendapatkan pembangunan IPAL, namun bukan berarti harus membuang limbah disembarang tempat, karena limbah padat itu bisa di setorkan kedinas Kesehatan yang sudah punya tempat pembuangan limbah B3.

"Padahal tahun yang lalu Tim ISSO sudah memperingatkan dan menegur Puskesmas Baruharjo terkait pembuangan limbah B3, terkait tidak ada Drainase sehingga kalau musim hujan air yang bercampur limbah B3 bisa meluap kepemukiman warga," jelas Sutikno, seperti dikutip dari merdeka pos.

Sutikno menambahkan, Juknis Didinas Kesehatan terkait Pembangunan Drainase tidak bisa dialokasikan maka Pihaknya sudah mengajukan proposal ke Dinas PU Perkimsih Kabuten Trenggalek, untuk pembangunan Drainase di Puskesmas Baruharjo tapi belum terealisasi.

"Memang karyawanya mempunyai kebiasaan yang kurang baik, terutama yang senior karena datangnya juga sering terlambat dan tidak patuh pada pimpinan (kepala puskesmas) ,” ucap Slamet Sutikno.

Dalam waktu dekat pihaknya akan segera memanggil Kepala Puskesmas Baruharjo dan meninjau kembali terkait pembuangan limbah yang mengandung B3.

Sementara itu, Warga desa Baruharjo Samijan berharap agar Puskesmas Baruharjo jangan asal asalan membuang sampah medis demi keamanan dan kenyamanan lingkungan.
Sumber & foto: merdeka pos

Advertiser