Minggu, 10 November 2013

Miss Universe 2013, Kostum Reog Ponorogo Raih Busana Nasional Terbaik Ke-4

Beberapa jam sebelum malam final Miss Universe dihelat di Moskwa, Rusia. Whulandary Herman, wakil Indonesia di kontes itu, menyampaikan kabar lewat akun Twitter @whulandary2626, Sabtu (9/11/2013). Bahwa Kostum Reog Ponorogo terpilih sebagai kostum nasional terbaik ke-4 di ajang Miss Universe 2013.

"Hello My Indonesiaaa alhamdulillah Reog berada di posisi 4 dr yg terpilih.. Pakaian tradisionallllll," tulisnya.

Kontes kostum nasional adalah salah satu kontes terpenting yang diadakan dalam rangkaian Miss Universe. Tahun ini, acara berlangsung di pusat perbelanjaan Rusia, Vegas Mall, Minggu (3/11/2013) lalu.

Kostum Reog Ponorogo dibuat oleh tim Solo Batik Fashion, dengan dukungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta selama sebulan, kostum Reog Ponorogo menggunakan 99 bulu burung merak pada bagian sayap.

Bagian bodice dihiasi aplikasi detail bebatuan alam dan payetan yang menciptakan kesan glamor.  Kendati glamor, kostum tersebut tetap mempertahankan sisi kegaharan khas penari reog.

Kesan gahar itu terasa pada hiasan tali temali pada kemben dan ujung rok yangmelambangkan pejut atau tali, senjata khas reog. Tim desainer mengaplikasikan bahan kulit Harimau Gembong pada rok dan sepatu untuk mempertegas keperkasaannya.

Beberapa detail khas kostum reog tetap dipertankan. Misal fringe dari bahan wol warna merah dan kuning tetap hadir pada bawah sawah dan rok.  Bahan batik Solo tetap diaplikasikan pada mahkota dengan motif ceplok. Sementara untuk gelang dan kaki memakai motif truntum.

Topeng harimau gembong (harimau Jawa) yang biasa dipakai para penari digantj dengan topeng tangan bak topeng untuk pesta topeng kaum borjuis. Total, kostum tersebut berbobot 10 kg, dengan tinggi hampir 3 meter dan lebar 1,5 meter.

Saking besarnya, kostum tersebut harus "dipotong-potong" menjadi 17 bagian agar mudah dibawa ke Moskow. Pun memakainya nanti butuh latihan khusus karena tidak ada yang membantu Whulan memakai kostum tersebut.

"Memakainya harus cepat. Awal belajar, waktu yang dihabiskan bisa sampai 25 menit. Tapi sekarang sudah 10 menit," tutur Whulandary saat jumpa pers sebelum keberangkatannya ke Rusia.

Secara batin, Whulan mengaku merasa terkoneksi dengan kostum tersebut. "Sebetulnya ada beberapa pilihan kostum. Saat memilih, aku diingatkan pilih kostum yang benar-benar membuatku nyaman dan dapat memancarkan pribadiku. Jadi, aku pilih reog, cenderung gahar tapi elegan," jelas Whulan.

Di ajang Miss Universe 2012, kostum nasional yang dikenakan Maria Selena berhasil masuk 10 besar kostum nasional terbaik.

Sumber: tribunnews.com

Advertiser