Selasa, 12 November 2013

Jelang Akhir Masa Anggaran, Penyerapan APBD Trenggalek Baru 50 Persen

Beritatrenggalek.com - Memasuki akhir masa anggaran, prosentase penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, masih berada pada kisaran 50 persen dari total anggaran yang dialokasikan lebih dari Rp1 triliun.

"Berdasarkan laporan yang masuk dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) per tangal 18 Oktober lalu, realisasi keuangan mencapai 53,74 persen, sedangkan angka penyerapan proyek fisik 55,86 peren," kata Kasubbag Pembinaan Pengadaan Barang dan Jasa, Sekretariat Daerah (Setda) Trenggalek, Djainul Muttaqin, Senin (11/11), seperti dikutip dari antara.

Menurutnya, Realisasi ini sedikit menurun karena ada tambahan dari perubahan APBD, di sisi lain kami mengakui bahwa prosentase penyerapan masih berada di bawah target. Sesuai dengan target pemerintah daerah, untuk penyerapan anggaran proyek fisik pada bulan Oktober bisa mencapai 85,42 persen, sedangkan untuk anggaran keuangan lain mampu terealisasi 72,33 persen.

Masih rendahnya prosentase tersebut salah satunya diakibatkan oleh belum selesainya sebagian besar proyek fisik yang ada di sejumlah SKPD.

Djainul menambahkan, sesuai dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, angka penyerapan anggaran akan meningkat tajam pada akhir bulan November dan awal Desember. "Pada saat itu, proyek-proyek sudah selesai dan kontraktor mulai mencairkan anggarannya, jadi bisa dipastikan prosentase penyerapan akan melonjak cukup signifikan," ujarnya.(ant)

Advertiser