Kamis, 28 November 2013

Beli Mobil Pakai Uang Palsu, Petani Tulungagug Ditangkap

Berita Tulungagung - Kepolisian Resor Tulungagung Jawa Timur, menangkap Sunawir (56) warga Desa Mojosari, Kecamatan Kauman. Ia terbukti sebagai pemilik uang palsu Rp2.200.000 yang berada di tangan Maimunah (38) warga Desa/Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung.

Menurut keterangan petugas Polres Tulungagung Inspektur Dua Triyanto, adanya uang palsu tersebut diketahui saat Maimunah hendak menyetor tanggungan pajak ke bank. “Dari sekian uang yang disetor, Rp2,2 juta diketahui petugas bank sebagai uang palsu,“ ujarnya, Rabu (27/11/2013).

Maimunah yang merasa tidak pernah menyimpan uang palsu, apalagi mengedarkanya langsung menjelaskan bahwa uang tersebut diperoleh dari Sunawir. “Petugaspun langsung mendatangi rumah yang bersangkutan, “jelas Triyanto.

Sunawir pun tak mengelak. Ia me  ngaku mendapatkan uang dari hasil menggadaikan sertifikat rumah di sebuah Bank Perkreditan Rakyat. Selain itu ia juga memperoleh penghasilan dari menjual hasil panen jagung dan padi. Total keseluruhan Rp31,5 juta. “Karenanya yang bersangkutan tidak mengetahui pasti dari mana sebenarnya uang berasal,“ paparnya. Oleh Sunawir, uang tersebut digunakanya sebagai uang muka pembelian mobil pikap kepada Maimunah.

Secara kasat mata, uang pecahan seratus ribuan itu memiliki kemiripan dengan uang asli. Hanya saja nomor serinya sama dan memiliki lapisan  pita yang lebih halus dibandingkan uang asli. “Saat ini kita masih mengembangkan penyelidikan, untuk memastikan dari mana uang palsu tersebut berasal,“ pungkasnya.(sdn)

Advertiser