Sabtu, 23 November 2013

Aset Pemkab Trenggalek Mayoritas Belum Bersertifikat

Beritatrenggalek.com-Mayoritas aset tanah milik Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur belum memiliki sertifikat.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Trenggalek, Said Maksum mengatakan, saat ini baru 400-an bidang tanah yang bersertifikat. Sementara sisanya masih dalam proses sertifikasi. "Kalau total yang sudah bersertifikat ada 448 bidang, kemudian yang sudah masuk di BPN itu ada 166 bidang, kemudian masih dalam proses kelengkapan berkas ada 30. Sedangkan berikutnya yang saat ini sedang kami inventarisir ada 42," kata Said Maksum, seperti dikutip dari portalkbr.

Ia menambahkan, Selain itu ada bidang-bidang tanah yang memang kita tidak memiliki data pendukung untuk di sertifikatkan, tetapi sudah dalam penguasaaan pemkab.

Said Maksum mengakui banyak bidang tanah milik Pemkab Trenggalek yang belum bisa disertifikatan karena pihaknya tidak memiliki bukti pendukung yang jelas.

Menurutnya, Aset yang tidak memiliki data pendukung kepemilikan tersebut sebagian besar adalah sekolah sekolah dasar yang tersebar di seluruh kecamatan. Tanah SD biasanya adalah pemberian dari warga desa setempat, namun penyerahan tidak disertai bukti di atas kertas.

Pemkab Trenggalek mengaku akan berusaha melakukan pengurusan sertifikat tanah agar tidak diserobot oleh orang lain.(kbr)

Advertiser