Selasa, 29 Oktober 2013

Polisi Trenggalek Gagalkan Pencurian Kayu Pinus

Beritatrenggalek.com - Jajaran Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur, berhasil menggagalkan pencurian 50 batang kayu pinus dari kawasan hutan negara Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, yang dikelola Perum Perhutani, pada Senin (28/10).

Polisi mengamankan Sucipto (43), yang tertangkap tangan berupaya membawa kabur kayu hasil jarahannya dari kawasan hutan petak 35 E Blok Candi RPH Sumurup.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Polres Trenggalek AKP Siti Munawaroh mengatakan penangkapan diawali dari laporan petugas Perhutani yang mendapati aktivitas penebangan kayu di kawasan hutan petak 35 E Blok Candi RPH Sumurup BKPH Trenggalek.

Polisi yang mendapat laporan itu, lalu bergegas melakukan penyanggongan, hingga tak lama berselang melintas mobil bak terbuka yang dikendarai tersangka.

Polisi langsung menghentikan mobil yang memuat puluhan batang kayu pinus glondongan tersebut.

Setelah diperiksa, tersangka akhirnya mengaku jika kayu tersebut mereka ambil dari kawasan hutan.

"Sekitar pukul 06.30 WIB pelaku kami tangkap saat mengangkut kayu hasil curian di jalan desa setempat," katanya.

Selain Sucipto, informasinya ada beberapa orang lainnya yang ikut ditangkap, karena diduga membantu aksi penjarahan maupun upaya pengangkutan kayu pinus hasil curian tersebut,

Namun, polisi masih sebatas meminta keterangan dalam kapasitasnya sebagai saksi, karena peran mereka hanya sebagai sopir dan kernet.

"Dasar penangkapan polisi terutama karena sopir dan pemilik kayu tidak bisa menunjukkan SKSHH (surat keterangan sahnya hasil hutan)," kata Siti.

Barang bukti kendaraan berikut muatan kayu pinus, katanya, saat ini diamankan di Markas Polres Trenggalek.

Sumber: sayangi.com

Advertiser