Selasa, 08 Oktober 2013

Pindah Partai, Dua Anggota Dewan Trenggalek di PAW

Beritatrenggalek.com - Dua anggota dewan Trenggalek yang mencalonkan diri lagi dari partai berbeda (pindah partai) dilakukan penggantian antarwaktu (PAW). Senin (7/10) kemarin, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Trenggalek, mengelar sidang paripurna istimewa PAW tersebut.

Sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Samsul Anam itu juga sekaligus mengumumkan Hari Langgeng Wiyono sebagai pelaksana tugas (plt) Ketua DPRD, menggantikan Saniman Akbar Abbas yang kini menjalani proses hukuman karena terjerat kasus korupsi.

"Kedua anggota dewan yang dilakukan PAW, masing-masing Puguh Purnomo (PKPI) yang pindah ke Partai Hanura digantikan Sumaryati, serta Suyono (PPRN) yang kini pindah ke PAN diganti oleh saudari Sukatmi," kata Samsul Anam.

Menurutnya proses PAW tersebut telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan telah mendapatkan persetujuan Gubernur Jawa Timur, sehingga tidak ada alasan untuk menunda pelantikan itu.

Sidang paripurna istimewa itu tidak dihadiri kedua anggota dewan yang dilengserkan, Puguh purnomo maupun Suyono.

Lanjut dia, dalam kesempatan itu pihaknya juga menyampaikan ke seluruh anggota dewan dan peserta sidang, terkait pengganti Plt Ketua DPRD yang semula dipegang Samsul Anam, kini digantikan oleh Hari Langgeng wiyono, sesuai dengan usulan dari PDI Perjuangan.

"Dengan ini saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama enam bulan menjadi plt ada kesalahan, semoga kepemimpinan saudara Hari Langgeng nanti jauh lebih baik dari pada saya," imbuhnya.

Kata dia, masa kepemimpinan plt baru tersebut akan berakhir hingga ada ketua DPRD secara definitif, karena saat ini ketua dewan nonaktif, Saniman Akbar Abbas masih menjalani proses hukum terkait dugaan korupsi pemotongan uang saku anggota dewan tahun 2010-2012.

Sebelumnya, pengusulan nama pengganti Akbar Abbas di internal PDI Perjuangan sempat memakan waktu lama dan berjalan alot, karena keputusan pengganti berada ditangan dewan pengurus pusat (DPP).

Dari sejumlah nama anggota DPRD Trenggalek yang diusulkan ke DPP PDI Perjuangan, akhirnya mengerucut ke satu nama yakni, Hari Langgeng Wiyono.

Sumber: antarajatim.com

Advertiser