Kamis, 17 Oktober 2013

Lima Anggota DPRD Trenggalek Terancam di PAW

Beritatrenggalek.com - Baru pada Senin (7/10) yang lalu, dua anggota DPRD Trenggalek, Jawa Timur, telah kena Pergantian Antar Waktu (PAW). Kini lima anggota DPRD Trenggalek lainnya yang memutuskan ngaleg dari partai lain juga terancam kena PAW.

Hal ini setelah Depdagri mengeluarkan aturan baru yang mengatur anggota DPRD PAW tidak terpengaruh keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Yakni Surat DEPDAGRI    no : 161/6422/Sj. Tanggal : 20 September perihal : Proses PAW Anggota DPRD Pasca Putusan MK RI.

Dimana dalam putusan MK, penentuan PAW atau tidaknya anggota dewan sepenuhnya diserahkan ke partai bersangkutan. Hal tersebut diungkapkan Puguh Purnomo mantan anggota DPRD Trenggalek yang baru di PAW minggu lalu.

Puguh menjelaskan, dari aturan tersebut, bagi caleg yang sudah menyatakan mengundurkan diri dalam BB5 wajib di PAW tanpa perkecualian.

“Aturannya kan sudah jelas. Harus di PAW semuanya,” kata Puguh.

Disampaikan Puguh, salah satu pertimbangan surat dari Depdagri terkait PAW anggota dewan kutu loncat tersebut, adalah masalah keuangan protokoler yang menjadi hak mereka.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam, mengatakan, masih belum mengetahui secara jelas surat isi dari surat depdagri tersebut. Untuk itu pimpinan dewan akan segera melakukan rapat untuk membahasnya.

”Masih akan kami rapatkan,” jelas Samsul.

Menindaklanjuti surat itu, lanjut Samsul pihaknya juga akan melakukan konsultasi ke Jakarta untuk memastikan seperti apakah inti dan keharusan dari surat tersebut.

“Masih akan kami konsultasikan. Secepatnya kami kabari hasilnya,” terang pria yang menjabat Sekretaris DPC PKB Trenggalek ini.

Namun Samsul mengaku pesimis akan ada proses PAW kepada lima anggotanya yang memutuskan loncat ke parpol lain. Yakni Husni Tahir Hamid, Supramono, maupun Nur Effendi. Pasalnya, mereka tidak membuat surat pengunduran diri yang dikeluarkan resmi oleh setwan. Melainkan hanya sebatas pada pernyataan di BB5 yang diserahkan ke KPUD sebagai syarat pencalegan.

Sumber: kediriupdate.com

Advertiser