Kamis, 10 Oktober 2013

Even Grebeg Suro Sedot APBD Ponorogo Rp 1,2 Miliar

Berita Ponorogo - Even tahunan Grebeg Suro pada tahun ini membutuhkan biaya sebesar Rp 1,2 miliar. Pesta budaya dibarengu festival reyog nasional (FRN) itu selalu menguras keuangan Pemkab Ponorogo.

‘’Saya heran, even yang sudah puluhan tahun dilaksanakan ini masih saja memerlukan biaya besar,’’ kata Rahmat Taufik, anggota Komisi D DPRD Ponorogo, kemarin (9/10).

Politikus Partai Golkar itu menyayangkan hampir semua pembiayaan kegiatan Grebeg Suro dibebankan ke APBD. Tanpa kecuali, honor panitia. Padahal, panitia Grebeg Suro juga mendapatkan sumber dana dari sponsor, retribusi parkir, pameran usaha, maupun tiket pengunjung.

‘’Pendapatan dari pihak ketiga itu tidak pernah dilaporkan besaran dan kegunaannya,’’ ungkap Taufuk.

Dia mengingatkan panitia Grebeg Suro cermat dalam mengelola anggaran. Sebab, lemahnya pertanggungjawaban dapat memunculkan persoalan hukum di belakang hari. Taufik sempat mencontohkan kasus hukum yang membelit peragaan fashion terbesar di salah satu daerah di Jatim.

‘’Karena adanya dugaan anggaran ganda. Sudah dibiayai APBD tapi juga ada dukungan dana dari sponsor,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo H Sapto Djatmiko menyebut anggaran pelaksanaan Grebeg Sur senilai Rp 1,2 miliar sama dengan tahun lalu. Padahal, jenis kegiatan tahun ini lebih beragam hingga membutuhkan biaya lebih besar. Untuk menutupi kekurangan biaya, mantan kadinkes itu mengaku sengaja menggandeng sponsor.

‘’Alokasi anggaran tetap padahal kebutuhan meningkat. Kami dituntut kreatif mencari sumber dana dari luar,’’ tegasnya.

Menurut Sapto, pihaknya akan mempertanggungjawabkan semua pemanfaatan anggaran Grebeg Suro yang dimulai bulan ini. Baik pertanggungjawaban anggaran APBD maupun pendapatan dari pihak ketiga. Jelang pelaksanaan Grebeg Suro, Pemkab Ponorogo sudah mulai melakukan persiapan. Salah satunya, perbaikan panggung utama di alun-alun sebagai venue utama. Sejumlah pekerja kemarin mengecat ulang panggung yang sudah tampak usang.

Sumber: radarmadiun.info

Advertiser