Minggu, 13 Oktober 2013

DPT Pemilu Legislatif 2014 di Kediri Berkurang 490 Pemilh

Berita Kediri - Daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu Legislatif 2014 yang terdata di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berkurang sampai 490 pemilih.

Seperti dilaporkan antara, jumlah DPT Kabupaten Kediri sebelumnya 1.172.321 pemilih  setelah di verifikasi tinggal 1.171.831 pemilih.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Muhamad Samsuri, Minggu (13/10) mengatakan, setelah KPU dan PPK (panitia pemilihan kecamatan) melakukan verifikasi 1.172.321 DPT yang telah ditetapkan 12 September lalu. Hasilnya, memang ada penurunan 490 pemilih, kini menjadi 1.171.831 pemilih.

Setelah petugas melakukan verifikasi berdasarkan nama-nama sesuai dengan nomor induk kependudukan (NIK) maupun alamat yang pemilih, ternyata masih menemukan adanya nama penduduk ganda, warga yang meninggal tapi masih terdata ataupun adanya pemilih baru.

Samsuri menegaskan, KPU dan PPK sebenarnya telah bekerja keras untuk melakukan verifikasi, termasuk nama warga yang belum terdata. Petugas bahkan mencari NIK warga yang bersangkutan pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Namun, ia menyebut tidak semua warga tercatat dalam data SIAK. Data yang ada di program tersebut hanya dapat diakses untuk satu kecamatan saja, sementara jika ada warga dari luar kecamatan yang tiba-tiba datang di daerah itu, belum terdata.

KPU, lanjut dia, juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri untuk membantu verifikasi yang dilakukan guna menetapkan jumlah DPT untuk Pemilu Legislatif 2014. Data akhirnya bisa ditemukan, dan saat ini KPU Kabupaten Kediri sudah menetapkan pascaverifikasi susulan tersebut.

Ia juga menegaskan, perubahan DPT ini sudah bersifat final. Pihaknya juga juga sudah melaporkan hal ini ke KPU Jatim untuk keperluan jumlah pemilih. Namun, jika nantinya masih ada warga yang belum dimasukkan sebagai pemilih, KPU akan memasukkan dalam daftar pemilih khusus.

Sumber: antarajatim.com

Advertiser