Senin, 21 Oktober 2013

30 Oktober, 203 Desa di Kediri Gelar Pilkades Serentak

30 Oktober, 203 Desa di Kediri Gelar Pilkades Serentak
Berita Kediri - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur telah menganggarkan dana APBD sebanyak Rp 1,4 miliar untuk menggelar pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) secara  serentak. Sebanyak 203 desa akan melaksanakan pilkades pada 30 Oktober mendatang.

"Pembagiannya masing-masing desa berdasarkan angka jumlah hak pilih yang ada di setiap desa," ungkap Edhi Purwanto, Plt Kabag Humas Pemkab Kediri, Senin (21/10/2013).

Dijelaskan Edhi Purwanto, sejauh ini persiapan pelaksanaan pilkades serentak berjalan kondusif. Namun diakui di sejumlah desa ada rivalitas persaingan di antara calon yang maju. "Tapi secara keseluruhan masih kondusif," tambahnya.

Untuk pengamanan pilkades, Pemkab Kediri juga bekerja sama dengan Polres Kediri, Polres Kediri Kota serta Kodim Kediri. Ajang pilkades itu bakal dikerahkan banyak pengamanan di setiap desa.

Seperti dikutip dari suryaonline, di sejumlah desa mulai ada kampanye black campaig yang dilakukan para pesaing yang bakal maju. Seperti terjadi di Desa Pule, Kecamatan Kandat bermunculan selebaran yang mendeskriditkan salah satu pasangan calon.

Malahan pasangan calon yang merasa dirugikan telah melaporkan kasus pemalsuan tanda tangan ke Polsek Kandat. Kasus itu saat ini masih diusut dengan memanggil saksi-saksi untuk dimintai keterangan.

Advertiser