Senin, 02 September 2013

STAIN Tulungagung Resmi Menjadi IAIN

Berita Tulungagung - Status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung telah resmi berubah menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 50 tahun 2013. Perpres itu sendiri terbit pada bulan lalu, setelah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 30 Juli silam.

Diketahui, institut merupakan level yang lebih tinggi dari sekolah tinggi, namun masih harus melengkapi diri untuk menuju level universitas Islam. Dalam Perpres itu sendiri disebutkan bahwa IAIN ini berada di bawah Kementerian Agama.

Sebelumnya, soal perubahan STAIN menjadi IAIN dan IAIN menuju Universitas Islam Negeri (UIN), sempat disampaikan saat Presiden SBY menerima Forum Rektor Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN) di Istana Negara, bulan Ramadan lalu. Pada saat itu, Presiden meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendukung perubahan ini, dengan membantu mempersiapkan syarat perguruan tinggi Islam menjadi universitas.

Perpres Nomor 50 ini sendiri telah diundangkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) pada tanggal 6 Agustus, melalui tandatangan Menkumham Amir Syamsuddin.

sumber: beritasatu.com

Advertiser