Kamis, 12 September 2013

Ratusan Petani di Kediri Kepung BPN

Berita Kediri - Ratusan petani yang tergabung dalam Serikat Petani Penggarap Tanah Bekas Perkebunan (S2TBP) PT. Sumber Sari Petung (SSP) di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri nggeruduk kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kamis (12/09/2013). Mereka menuntut pengusutan dugaan korupsi di balik redistribusi (pembuatan sertifikat tanah-red) pada bekas lahan SSP. Mereka menuding adanya konspirasi yang telah dilakukan oleh para pihak yang berkompeten. Sedikitnya 500 petani ikut aksi ini.

Dalam aksi unjuk rasa itu, para petani menolak adanya praktik monopoli atas tanah oleh kaum pemilik modal. Massa juga membawa poster berisi hujatan dan juga melakukan aksi teatrikal. Dalam aksi treatikal itu, salah satu pengunjuk rasa memerankan seorang koruptor yang sedang digantung.

Dalam orasinya, Koordinator aksi Nanik Haryanti mengatakan, banyak ketidaktransparanan BPN Kabupaten Kediri dalam pembuatan sertifikat dan data. “Usut kasus dugaan korupsi pembuatan serifikat tanah. Adili para pelakunya,” teriaknya.

Perwakilan massa akhirnya ditemui langsung oleh Kepala BPN, Edi Kusdianto Nani Hariyanti. Setelah puas menyampaikan aspirasinya, massa pun membubarkan diri dan menuju Polres Kabupaten Kediri.

Sumber: lensaindonesia.com

Advertiser