Senin, 09 September 2013

Polres Tulungagung Menganti SIM dengan Surat Kuning

Berita Tulungagung - Material SIM di beberapa kabupaten / kota Jawa Timur habis, setelah Polres Trenggalek menganti SIM dengan surat keterangan kini Polres Tulungagung menganti SIM dengan surat kuning.

Material surat izin mengemudi (SIM) di Polres Tulungagung, Jawa Timur, habis. Warga yang mengurus SIM baru bisa mendapatkannya satu bulan lagi. Untuk sementara, mereka diberi surat berwarna kuning sebagai pengganti. SIM habis untuk semua jenis, baik A, B, dan C.

Habisnya stok material SIM sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Meski demikian, petugas Samsat Polres Tulungagung tetap melayani masyarakat yang membuat dan memperpanjang SIM.

Masyarakat yang membuat SIM tetap diwajibkan menguikuti tes, baik tulis maupun praktik.

Sumirat, seorang warga yang memperpanjang SIM, mengatakan, ia hanya mendapat selembaran kertas berwarna kuning sebagai pengganti sementara SIM. Lembaran itu juga digunakan sebagai bukti untuk mengambil SIM satu bulan mendatang.

Kanit Reg Ident Polres Tulungagung, Iptu Wikha Ardi Lestanto, Senin (9/9/2013), mengatakan, bagi pemohon SIM baru yang lulus ujian tidak ditarik biaya PNPB karena material belum siap.

Bila material sudah tersedia, lanjut Wiska, pemohon akan diberitahu. Hal yang terpenting, surat pengganti tidak berlaku di jalan sebagai pengganti SIM. Hanya bersifat sebagai tanda terima keterangan sementara bahwa yang bersangkutan sudah lulus mengikuti ujian.

Kelangkaan material SIM juga terjadi di 20 kabupten dan kota di Jatim.

Sumber: okezone.com

Advertiser