Rabu, 04 September 2013

PKL di alun-alun Pacitan dibersihkan

Berita Pacitan - Petugas Satpol Pacitan berupaya mensterilkan wilayah barat alun-alun dari para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa mangkal. Penertiban dilakukan seiring adanya penilaian atau verifikasi kabupaten sehat tingkat nasional oleh tim dari pusat dan provinsi.

Sebenarnya sesuai peraturan daerah, para pedagang yang menjajakan dagangannya di sekitar alun-alun tidak diperbolehkan berjualan sebelum jam tiga sore hingga malam hari. Namun pada kenyataannya mereka tidak mematuhi aturan itu dan tetap berjualan di waktu siang, bahkan sejak pagi hari.

Tidak adanya tindakan tegas dari petugas penegak Perda diduga menjadi pemicu tidak dipatuhinya peraturan yang ada. Penertiban yang dilakukan inipun terkesan mendadak hanya karena ada verifikasi kabupaten sehat tingkat nasional.

Salah seorang pedagang setempat, Giyok mengeluhkan tindakan Satpol PP. “Harusnya kita diperingatkan dulu. Bukannya langsung diusir seperti ini,” tuturnya, Rabu (04/09/2013).

Giyok memgakui selama ini beberapa pedagang memang menyalahi aturan dengan berjualan sejak pagi. Namun hal tersebut terpaksa dilakukan karena terdesak kebutuhan ekonomi. “Gimana lagi, lha saya juga butuh duit buat bayar sekolah anak,” tandasnya.

sumber: lensaindonesia.com

Advertiser