Sabtu, 28 September 2013

Perubahan APBD Trenggalek 2013, Ada Penambahan Ratusan Milyar

Beritatrenggalek.com - Untuk mempercepat pembangunan sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan Pemerintah Kabupaten Trenggalek menambah anggaran belanja langsung dari semula Rp 402 miliar menjadi Rp 453 miliar, penambahan itu lebih dari Rp 51 miliar dalam APBD perubahan 2013.

Bupati Trenggalek Mulyadi Wr, Jumat, mengatakan peningkatan jumlah anggaran langsung itu dilakukan untuk mempercepat pembangunan sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan.

"Utamanya adalah pembangunan jalan, seperti diketahui bersama, jalan-jalan di Trenggalek banyak sekali yang rusak, makanya pemerintah berupaya keras untuk melakukan perbaikan," katanya.

Menurutnya, dengan peningkatan anggaran tersebut diharapkan tahun ini sebagian besar kerusakan jalan dapat teratasi.

"Dengan begitu akses ekonomi masyarakat akan lebih lancar, karena apabila infrastruktur jalan rusak, dampaknya cukup besar bagi masyarakat," ujarnya.

Mulyadi menambahkan bahwa dalam kurun waktu dua tahun ke depan pihaknya akan memberikan alokasi anggaran yang cukup untuk sektor infrastruktur.

"Ini sudah menjadi komitmen saya, terus terang saya ingin, ketika masa jabatan selesai infrastruktur, baik jalan dan jembatan dalam kondisi baik. Ini bukan untuk kepentingan politis, tapi benar-benar untuk rakyat" katanya.

Namun di sisi lain, katanya, peningkatan anggaran tidak hanya terjadi pada belanja pembangunan.

Pada belanja tidak langsung, tepatnya pos anggaran belanja pegawai juga mengalami peningkatan, bahkan jumlahnya mencapai Rp189 miliar, dari semula Rp565 miliar menjadi Rp754 miliar.

Kondisi serupa juga terjadi pada anggaran belanja hibah, pos rawan penyimpangan ini naik dari semula Rp14 miliar menjadi Rp19 miliar atau meningkat Rp4,8 miliar.

Perubahan APBD Trenggalek 2013 tersebut telah disahkan melalui rapat paripurna dua hari yang lalu. Kini APBD Itu tinggal menunggu evaluasi dari Gubernur Jawa Timur.

Sumber: antarajatim.com

Advertiser