Minggu, 15 September 2013

Pengganti Wakil Bupati Pacitan Masih Teka-Teki

Berita Pacitan -Wakil Bupati Pacitan, H. Prajitno telah meninggal pada Selasa (10/9) lalu, saat melakukan kunjungan dinas ke Kabupaten Malang. Sepeninggal Orang nomer dua di Pacitan ini, suasana berkabung masih menyelimuti masyarakat Pacitan. Khususnya dijajaran birokrasi, perasaan kehilangan orang nomor dua di Pemkab Pacitan itu masih begitu berasa. Teriring situasi seperti itulah, mungkin belumlah tepat membicarakan siapa figur yang pas untuk dicalonkan sebagai Wakil Bupati Pacitan menggantikan posisi Prajitno yang berhalangan tetap pada Selasa (10/9) lalu.

“Tanah pemakaman beliau, belum kering. Jadi sangat tidak etis kalau kita membicarakan calon penggantinya,” kata Haryo Junanto, Sekretaris DPRD Pacitan, Sabtu (14/9).

 
Mantan Kabag Humas Dan Protokol, Setkab Pacitan itu masih enggan menjelaskan seputar pencalonan jabatan Wabup. Selain karena masih diliputi suasana duka, kewenangan mengusulkan calon pengganti bukan di lembaga DPRD. Namun, parpol pengusung yang punya kewenangan mengusulkan. Pun, lanjut Haryo, tidak ada batas waktu bagi parpol untuk mengusulkan calon pengganti atau tidak.

“Seandainya sampai akhir masa jabatan tidak diusulkan calon pengganti, ya tidak masalah. Berati bupati mampu melaksanakan tugas-tugas pemerintahan tanpa dibantu seorang wakil bupati,” papar pria yang juga pernah menjabat sebagai Kabag Hukum ini.

 
Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan, H. Indartato, belum bisa dihubungi. Namun menurut Sekretarisnya, Rony Wahyono, jajaran Partai Demokrat sementara waktu ini belum membahas soal pergantian Wabup.

“Kita masih berduka, sehingga sangat tidak pantas kalau saat ini membahas calon Wabup Pacitan,” tutur putra almarhum H. Sujono, Mantan Bupati Pacitan ini, diplomatis.

 
Rony menjelaskan, sebagaimana mekanismenya, partai pengusung akan mengusulkan minimal dua nama sebagai calon Wabup ke lembaga DPRD. Dua calon tersebut yang akan dibahas dan diputuskan oleh DPRD dengan mekanisme pemilihan.

“Siapa yang terpilih, DPRD yang akan mengusulkan pengangkatannya sebagai Wabup ke Mendagri, melalui gubernur,” tukasnya.

Sumber: dutaonline.com

Advertiser