Selasa, 03 September 2013

November, 450 Pegawai Honorer Trenggalek Berebut Kursi CPNS

Beritatrenggalek.com - Sebanyak 450 pegawai honorer kategori dua (K2) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Trenggalek, Jawa Timur bakal mengikuti seleksi tertulis November mendatang guna memperebutkan kursi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Trenggalek, Pariyo mengatakan, tes tertulis tersebut merupakan tahap seleksi akhir, setelah dilakukan proses seleksi administrasi maupun uji publik.

"Informasi dari Kemenpan (Kementerian Pendayagunan Aparatur Negara) seleksi dilakukan tanggal 3 November, kemudian untuk pengumumannya dilakukan pada minggu ke satu hingga minggu kedua bulan Desember," katanya.

Dalam tahap ini seluruh logistik, termasuk materi ujian, dikendalikan langsung oleh pemerintah pusat. Sedangkan pememrintah daerah hanya bertugas melaksanakan proses ujian.

"Jadi nanti lembar jawaban komputer (LJK) akan kami kirimkan kembali ke Kemenpan untuk dilakukan penilaian sekaligus penentuan, siapa saja yang lolos dan tidak," ujarnya.
Kata dia, untuk bisa lolos menjadi CPNS, masing-masing peserta harus memenuhi batas minimal nilai yang telah ditetapkan oleh tim seleksi Kemenpan.

"Kami tidak tahu seperti apa kriterianya, karena itu sudah menjadi kewenangan pemerintah pusat, yang jelas ini adalah seleksi tahap terakhir, sehingga kami berharap para tenaga honorer  mempersiapkan semaksimal mungkin," kata Pariyo.

Sementara itu dikonfirmasi menganai formasi jalur umum, Mantan Kepala Satpol PP ini menegaskan, Pemkab Trenggalek tidak mendapatkan alokasi dari pemerintah pusat. Hal ini disebabkan oleh masih tingginya angka prosentase belanja pegawai dalam APBD.

"Trenggalek ini belanja pegawai di APBD sekitar 60 persen, sehingga sesuai dengan kebijakan moratorium tidak boleh melakukan perekrutan CPNS jalur umum," paparnya.

Terkait hal itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan orang-orang yang menjanjikan bisa meloloskan menjadi CPNS. Kata dia seluruh proses perekrutan abdi negara tersebut dilakukan dan diumumkan secara terbuka kepada masyarakat.

sumber: antarajatim.com

Advertiser