Rabu, 04 September 2013

KarSa Menang Mutlak di Pacitan

KarSa Menang Mutlak di Pacitan
Berita Pacitan - Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) menang mutlak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim). Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur (Pilgub) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, calon nomor urut 1 ini meraup 70,38 persen suara, Rabu (4/9) 

Dalam pemilihan yang dilaksanakan tanggal 31 Agustus lalu KarSa total meraih dukungan sebanyak 202.517 ribu suara. Capaian dukungan sebanyak itu jauh meninggalkan para pesaing lainnya. Misalnya pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawireja (Berkah) yang berada diurutan ke dua. 

Mereka hanya mampu meraih suara sebanyak 43.910 ribu atau 15,26 persen. Diikuti kemudian pasangan nomor urut 3 Bambang DH-Said Abdullah (Jempol) dengan perolehan 34.252 ribu suara (11,90 %) serta urutan terakhir pasangan nomor urut 2 Eggi Sudjana-Muhammad Sihat yang hanya mendapat 7.052 suara (2,45%). 

Sumbangan suara terbanyak pasangan KarSa berasal dari wilayah Kecamatan Pacitan. Dimana di wilayah kota mereka memperoleh 29.549 ribu suara. Dikuti kemudian oleh Kecamatan Tulakan dengan 26.108 ribu suara. Peringkat ke dua Khofifah-Herman mendapat dukungan terbanyak dari Kecamatan Tulakan dengan raihan 6.678 suara dan Kecamatan Pacitan (5.496). 

Dalam rapat pleno terbuka tersebut sempat terjadi beberapa interupsi dari saksi-saksi yang sengaja dihadirkan. Bahkan, beberapa kali pula Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) harus melakukan pengecekan kembali dokumen yang dianggap tidak sesuai dengan dokumen yang dibawa saksi. Seperti, petugas lupa menuliskan nama terang saksi atau nama desa, serta kesalahan -kesalahan lain yang tidak disengaja.

Sumber: pacitankab.go.id

Advertiser