Kamis, 12 September 2013

Calon Haji Ponorogo 60 Persennya Usia 60 Tahun

Berita Ponorogo - Dari 282 jemaah calon haji Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, sekitar 60 persen lebih berusia lanjut, di atas 60 tahun. “Banyak yang sudah sepuh, paling tua 84 tahun,” Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo, M. Sakur, saat pelepasan jemaah haji asal Ponorogo, Rabu, 12 September 2013.

Menurut dia, para jemaah calon haji sepuh itu rentan mengalami masalah kesehatan, seperti terserang gangguan pernapasan dan stamina. Pengecekan kesehatan terus dilakukan agar tidak ada hambatan selama prosesi ibadah haji.

Dari hasil pengecekan kesehatan sementara, kata Sakur, belum ditemukan calon haji yang memiliki riwayat penyakit berisiko tinggi, misalnya stroke dan jantung. Meski demikian, pemberian vaksin meningitis dan influenza tetap dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh jemaah haji.

Sakur mengatakan, daya tahan tubuh sangat penting karena panas di Arab Saudi sangat ekstrem. Mereka juga berdesakan dengan jutaan jemaah haji dari berbagai negara.

Tahun ini seharusnya ada sebanyak 332 orang yang sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji. Namun, karena ada pemotongan kuota 20 persen, sebagian di antara mereka urung berangkat hingga tahun depan.

Sakur mengatakan, penundaan itu sudah disampaikan kepada jemaah calon haji bersangkutan. Pihak yang gagal berangkat tahun ini, menurut dia, juga sudah bisa menerima kebijakan yang berlaku secara global tersebut. "Yang ditunda akan diprioritaskan untuk berangkat tahun depan,’’ ujarnya kepada Tempo.

Sunaryo, salah seorang jemaah calon haji yang gagal berangkat tahun ini, mengaku menerima penundaan tersebut. Apalagi, keberangkatannya tahun depan sudah dijamin oleh pemerintah. “Saat pertama mendapat informasi itu dari petugas Kantor Kementerian Agama, saya kecewa juga,” kata dia.

Informasi penundaan keberangkatannya dan 49 jamaah calon haji Ponorogo diterimanya tiga bulan lalu. Kala itu dia kecewa, apalagi seluruh pesyaratan administrasi dan tahapan persiapan sudah dilaluinya. “Saya sudah ikut cek kesehatan dan manasik. Mudah-mudahan ini ada hikmahnya,” ungkapnya.

Sumber: tempo.co

Advertiser