Selasa, 03 September 2013

Binatang Buas Serang Ternak Warga Pacitan

Binatang Buas Serang Ternak Warga Pacitan
Berita Pacitan - Informasi dari sejumlah warga dan peternak, serangan binatang buas diketahui pada pagi hari, setelah ditemukan ada belasan kambing warga mati dengan kondisi isi perut terburai keluar.

Sekawanan binatang buas, diduga sejenis serigala atau kucing hutan, menyatroni beberapa perkampungan di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Binatang buas itu memangsa belasan ternak kambing milik warga setempat, Sabtu dini hari.

Setelah diteliti lebih lanjut, rata-rata ternak kambing itu kehilangan sebagian organ vital, seperti jantung, hati, paru maupun lainnya.

"Di leher juga ada bekas gigitan yang membuat urat nadi dan pembuluh darah utama putus," kata salah seorang warga sekaligus pemilik ternak Giyanto seperti dikutip dari Antara, Sabtu (1/6).

Giyanto mengaku kehilangan dua ekor kambing dalam serangan mendadak kawanan binatang buas yang belum diketahui jenis dan jumlahnya tersebut. Serangan binatang buas di wilayah itu juga diakui warga lainnya, yakni Tugiman.

"Saya sempat melihat langsung binatang itu," cetus Tugiman.

Kuatnya upaya pemangsa mendapatkan makanan paling tidak terlihat dari beberapa bagian kandang yang jebol dan rusak.

"Begitu saya datang binatang itu terus lari dan melepaskan gigitannya. Kalau terlambat mungkin dua kambing lainnya juga ikut dimangsa," terangnya.

Munculnya serangan biasanya diawali dengan suara gaduh di kandang. Karena itu kini warga setempat cukup reaktif jika pada malam hari terdengar suara mencurigakan dan segera berlari menuju lokasi penempatan ternak.


Cara itu dirasa lebih efektif, meski terkadang binatang peliharaannya telah terluka. Untuk mengantisipasi serangan berulang, warga berencana melakukan ronda setiap malam.

Serangan binatang buas sebelumnya pernah terjadi di daerah Batu, Malang, serta Trenggalek. Heboh serangan binatang misterius tersebut bahkan sempat memantik isu kemunculan siluman menyerupai harimau ataupun anjing hutan.


Sumber: merdeka.com

Advertiser