Selasa, 17 September 2013

Anggaran Perbaikan Jalan Kampak-Munjungan Hanya 3 M

Beritatrenggalek.com - Jika melihat kondisi yang ada, perbaikan jalan Kampak-Munjungan butuh dana sangat besar, namun alokasi dana untuk perbaikan jalan Kampak-Munjungan hanya Rp 3 miliar. Padahal, panjang jalan tersebut mencapai 26 km. Tentu saja kondisi tersebut berbanding terbalik dengan kerusakan konstruksi jalan Kampak-Munjungan.

Sekretaris Dinas PUBMP Yoso Mihardi mengatakan  alokasi dana yang ada diperuntukkan untuk merawat jalan kabupaten yang terkenal dengan medannya yang naik turun tersebut.

Anggaran itu sendiri lebih dimanfaatkan memperbaiki jalan yang sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan. “Digunakan kalau diperlukan,” jelasnya.

Mulai 2011 hingga 2013, jika dihitung total anggaran dana perawatan nyaris tidak pernah menyentuh level Rp 10 miliar. Bahkan sebagian besar anggaran pada 2013 ini lebih tersedot untuk penyelesaian proyek jembatan Bungur, Desa/Kecamatan Munjungan yang mencapai Rp 6,4 miliar.

Pekerjaan rumah (PR) Pemkab Trenggalek pun diprediksi semakin bertambah. Mengingat di ruas jalan sepanjang 26,2 Km tersebut pernah terjadi longsor yang membuat dinas terkait melakukan penggeseran trase jalan yang menelan  anggaran mencapai Rp 200 juta. Selain itu juga ada perbaikan di simpang tiga Besuki-Munjungan yang juga menelan anggaran mencapai Rp 676,5 juta.

Dari pantauan di lapangan, dari waktu ke waktu kerusakan tidak juga berkurang. Justru berdampak luas ke sepanjang jalan yang berada di punggung perbukitan tersebut. Bahkan di wilayah Kampak ada bagian jalan yang berlubang tampak dibiarkan saja menganga. Padahal ini bisa membahayakan para pengendara sepeda motor maupun kendaraan roda empat yang banyak berseliweran.

Sumber: kediriupdate.com

Advertiser