Rabu, 04 September 2013

Abubakar Walikota Kediri Terpilih

Berita Kediri - KPUD Kota Kediri akhirnya menetapkan walikota dan wakil walikota Kediri terpilih untuk masa jabatan 2014 – 2019. Dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang berlangsung di kantornya, Selasa (3/9) kemarin, KPUD Kota Kediri resmi menetapkan pasangan Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah (Mas Abu – Ning Lik) sebagai walikota dan wakil walikota terpilih. Pasangan Mas Abu – Ning Lik meraup suara tertinggi di 3 kecamatan dan memenangkan pemilihan walikota (pilwali) dalam satu putaran.

Inilah Hasil Akhir Rekapitulasi Perolehan Suara Pilwali Kota Kediri 2013

Pasangan nomor urut 1 (AJI)  : 867 suara

Pasangan nomor urut 2 (BAHAR) : 13.719 suara

Pasangan nomor urut 3 (MAPAN) : 1.362 suara

Pasangan nomor urut 4 (SAS)  : 63.784 suara

Pasangan nomor urut 5 (KASIBU) : 1.508 suara

Pasangan nomor urut 6 (Mas Abu) : 67.915 suara

Pasangan nomor urut 7 (HAI)  : 1.478 suara

Total suara    : 159.163 suara

Total suara sah    :  150.633 suara

Suara tidak sah    : 8.530 suara

Jalannya rapat pleno penghitungan perolehan suara pilwali berlangsung mulai pukul 11.00 WIB. Dalam rapat pleno itu, 3 ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyampaikan hasil rekapitulasi suara yang sudah dilakukan sebelumnya. Dari hasil itu, KPUD lantas membacakan rekapitulasi perolehan suara se wilayah kota. Hasilnya, pasangan Mas Abu – Ning Lik berhasil memperoleh jumlah suara terbanyak.

Dari total 150.633 suara sah, pasangan Mas Abu – Ning Lik mendapatkan dukungan 67.915 suara. Jumlah tersebut mengungguli pasangan incumbent Samsul Ashar – Sunardi (SAS) yang berada di urutan kedua dengan perolehan 63.784 suara. Disusul di tempat ketiga pasangan Bambang Harianto – Hartono (Bahar) dengan 13.719 suara. Sedangkan 4 pasangan lainnya berbagi perolehan 867 – 1.508 suara. Setelah disetujui para saksi dari pasangan calon yang hadir, hasil rekapitulasi itu dituangkan dalam berita acara dan surat keputusan penetapan calon walikota dan wakil walikota terpilih.

Ketua KPUD Kota Kediri, H Agus Rofiq mengatakan, salinan rekapitulasi dan surat keputusan penetapan akan langsung dikirimkan pada seluruh tim pemenangan pasangan calon. Dengan perolehan suara ini, maka pilwali Kota Kediri hanya berlangsung 1 putaran. Pasalnya, prosentase perolehan suara pemenang sudah lebih dari 30 persen.

Lebih lanjut Agus Rofiq mengatakan, seluruh tahapan penghitungan suara yang berlangsung mulai dari TPS, PPS, PPK dan KPUD sudah memenuhi persyaratan.

“Ini merupakan hasil final dari penghitungan suara mulai dari TPS hingga PPK. Hasil ini dijadikan berita acara dan dasar surat keputusan penetapan calon walikota dan wakil walikota terpilih,” katanya.

Sementara itu, menanggapi penetapannya sebagai walikota terpilih, Mas Abu mengaku sangat bersyukur. Dia juga berterimakasih dan memberikan penghargaan pada warga Kota Kediri yang sudah mendukungnya dalam pilwali.

“Ini kemenangan kita semua, masyarakat Kota Kediri. Kami berterimakasih pada warga yang sudah memberikan dukungan suara pada kami. Kedepan, mari bersama-sama membangun Kota Kediri agar lebih maju,” tandas Mas Abu.

sumber: kediriupdate.com

Advertiser