Minggu, 18 Agustus 2013

Waspadai, Ancaman Bencana di Pesisir Selatan Jawa Timur

Waspadai, Ancaman Bencana di Pesisir Selatan Jawa Timur - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana banjir besar. Hal ini seiring dengan munculnya peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tentang tingginya intensitas curah hujan pada bulan Agustus dan September.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Trenggalek, Joko Rusianto meminta, masyarakat juga ikut waspada terhadap ancaman banjir tersebut, terutama bagi warga yang bermukim di wilayah rawan banjir.

"Memang sampai September diperkirakan curah hujan masih tinggi, itu merupakan prediksi dari BMKG. Artinya dengan ini kita harus meningkatkan terhadap ancaman banjir. Kami sudah kumpulkan camat-camat, sudah koordinasi dan pengumuman (peringatan) sudah saya pasang agar masyarakat siap sejak dini. Dari BPBD provinsi juga sudah menyiapkan segala sesuati bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan berlaku juga untuk BPBD seluruh Jawa Timur," kata Joko Rusianto.

Joko menambahkan, dari rilis BMKG, peningkatan intensitas curah hujan diprediksi hampir merata di kabupaten yang berada di pesisir selatan Jawa Timur.

Sementara itu untuk mengantisipasi datangnya banjir besar, pihaknya telah menyiapkan logistik, peralatan serta personil tanggap darurat. Sementara itu sesuai dengan data di BPBD, 63 desa di Kabupaten Trenggalek masuk dalam kategori rawan bencana banjir.

Berita "Waspadai, Ancaman Bencana di Pesisir Selatan Jawa Timur" berdasarkan sumber http://www.portalkbr.com/nusantara/jawabali/2892544_5538.html

Advertiser