Rabu, 21 Agustus 2013

Tahukah! Kalau Trenggalek Punya Pantai Pasir Putih Secantik Ini

Beritatrenggalek.com - Saat jalan jalan ke Jawa Timur, sempatkanlah mampir ke Kabupaten Trenggalek. Di sana terdapat Pantai Karanggongso yang punya hamparan pasir putih. Selain bersantai di pantainya, Anda juga bisa berenang atau mencicipi aneka kuliner super maknyus!

Nama Karanggongso belum populer, masyarakat lebih mengenal dengan nama Pasir Putih. Untuk menuju ke sana Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang mudah ditemukan. Jalan yang beraspal dan bagus memudahkan para traveler menuju ke sana.

Pantai Karanggongso terletak di selatan Kota Trenggalek. Jarak dari pusat kota kurang lebih sekitar 40 km atau selama 45 menit jika ditempuh menggukanan kendaraan bermotor.

Meski begitu harus berhati-hati, karena banyak tanjakan dan tikungan jalan. Rumah-rumah penduduk di kanan-kiri serta hutan yang tidak begitu lebat menghiasi perjalan kita. Udara yang sejuk dan pepohonan yang menghijau seakan membawa menuju surga alam.

Bila ingin membeli snack atau minuman, kita dapat membeli di supermarket yang ada di sepanjang jalan sebelum memasuki lokasi. Setelah kita melalui jalan yang menurun untuk terakhir kalinya, kita akan bertemu dengan persimpangan. Tinggal mengarahkan kendaraan ke kiri maka sebentar lagi kita melihat loket masuk pantai. Tarifnya sebesar Rp 10.000 per orang. Buat anak-anak biasanya dapat diskon lho!

Setelah melalui beberapa tanjakan serta turunan kembali kita akan bertemu dengan spanduk bertuliskan 'Selamat datang di Pantai Karanggongso'. Jika musim liburan tiba, pantai akan ini ramai sekali oleh wisatawan. Tiket yang terjual bisa mencapai 15 ribu lembar, kata salah seorang petugas.

Kita juga bisa berenang dengan menyewa ban dengan tarif Rp 10.000 untuk ukuran besar, sedangkan yang kecil cukup dengan Rp 5.000 saja. Airnya cukup dangkal namun ketika hari mulai siang para penjaga selalu mengingatkan wisatawan yang mandi maupun berenang untuk segera naik ke pantai karena air mulai pasang.

Pasir putih menjadi daya tarik yang ditawarkan pantai ini. Hamparan pasirnya membentang luas dan panjang. Pasirnya cukup halus saat disapu dengan kaki. Di depan kita, ada lautan yang biru dan jernih.

Fasilitas lain yang disediakan yaitu perahu yang disewakan menuju lokasi yang menarik. Cukup dengan uang Rp 20.000per orang kita bisa berkeliling ke lokasi yang antara lain, Watu Dukun, Watu Bentis, Pantai Asmara, Goa Merah dan masih banyak lagi yang dapat dikunjungi. Parahu tersebut juga bisa disewa bersama-sama dengan tarif Rp 150.000.

Ada pemandangan yang menarik ketika kami berada di sana. Yakni terdapat sekitar tiga buah kapal tongakang berisi batu bara sedang bersabdar. Dari keterangan beberapa warga setempat kapal-kapal tersebut menunggu ombak yang cukup besar. Dan nantinya akan melanjutkan perjalanan kembali setelah ombaknya tenang seperti dikutip beritatrenggalek.com dari detik.com/travel.

Di sebelah kanan pantai kita bisa memanfaatkan jembatan buat bersantai atau pijalakn melompat ke air. Namun sayang jembatan tersebut kurang terawat dan beberapa bagian telah lapuk.

Terdapat juga souvenir yang dijajakan di dekat tempat parkir kendaraan. Sekaligus warung makan dan toilet umum.

Yang tidak kalah menarik lagi yaitu ikan yang di asap dan dapat dikonsumsi langsung. Ikan-ikan tersebut merupakan hasil tangkapan nelayan. Baik dengan dipancing maupun dengan cara dijaring. Terdapat beberapa penjual di lokasi pantai. Dengan sambal capai yang pedas kita dapat menikmati di sana maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jenis ikan yang diasap kebanyakan ikan tuna maupun kakap yang masih segar.

Namun sayang, masih banyak kendaraan yang parkir sembarangan dipinggir jalan yang bikin macet. Meski begitu Pantai Karanggongso tetap menarik untuk di jadikan sebagai destinasi wisata liburan Anda.

Advertiser