Rabu, 14 Agustus 2013

Polres Trenggalek Membentuk Satgas Khusus Tindak Pidana Korupsi

Polres Trenggalek Membentuk Satgas Khusus Tindak Pidana Korupsi - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek membentuk Satuan Tugas Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) guna mempercepat proses pengungkapan penyimpangan keuangan negara di wilayah itu.

Kapolres Trenggalek, AKBP Denny Setya Nugraha Nasution, Rabu mengatakan satgas yang dibentuk dua hari yang lalu ini terdiri dari delapan anggota polisi dari Satuan Reserse dan Kriminal serta Satuan Intelijen dan Keamananan (Intelkam).

"Untuk sementara personil yang kami pilih adalah mereka-mereka yang sudah terbiasa dengan pengungkapan kasus korupsi, seperti dari unit tipikor," katanya.

Pembentukan Satgas khusus ini dilakukan untuk mensinergkan kerja antarlini mulai dari intelijen dan penyidik.

Denny menilai selama ini sinkronisasi kedua kesatuan tersebut masih kurang, sehingga tidak maksimal dalam melakukan pengungkapan kasus korupsi.

"Kami berharap, setelah satgas ini terbentuk, antara intel dan reskrim ini bisa berjalan seiring sejalan dan saling mendukung, tidak berdiri sendiri-sendiri," imbuhnya.

Orang nomor satu di Polres Trenggalek ini menjelaskan, kedepan anggota Satgas Tipikor tersebut juga bakal dikirim ke Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim guna mendapatkan pelatihan tentang pengungkapan serta modus-modus korupsi.

Dijelaskan, para anggota satgas itu akan mendapatkan materi tentang celah-celah yang rawan digunakan untuk mengeruk uang negera, termamsuk membaca anggaran pemerintah.

Ia berharap tim yang dibentuk memiliki kompetensi dan keahlian khusus, sehingga nantinya bisa menjadi senjata saat menjalankan tugasnya dalam pengungkapan perkara tipikor di daerah.

Denny Setya Nugraha menambahkan, Markas Besar (Mabes) Polri memberikan alokasi anggaran yang cukup untuk memperlancar penegakan hukum utamanya kasus penyelewengan keuangan negara.

Masing-masing polres mendapatkan alokasi anggaran Rp208 juta per kasus korupsi yang disidik, dengan target satu tahun mampu mengungkap dua kasus.

Informasi Polres Trenggalek Membentuk Satgas Khusus Tindak Pidana Korupsi berdasarkan sumber http://www.antarajatim.com/lihat/berita/115892/polres-trenggalek-bentuk-satgas-khusus-tindak-pidana-korupsi

Advertiser