Rabu, 14 Agustus 2013

Lebaran Kupat Jalur Trenggalek Tulungagung Berlakukan Sistem Buka Tutup

Lebaran Kupat Jalur Trenggalek Tulungagung di Berlakukan Sistem Buka Tutup - Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek bekerja sama dengan kepolisian lalu lintas setempat memberlakukan sistem buka-tutup jalur utama Trenggalek-Tulungagung, selama perayaan Lebaran ketupat di Kecamatan Durenan, Kamis (15/8), guna mengantisipasi kemacetan.

"Kami akan menerapkan buka-tutup pada hari H, yang disesuaikan dengan volume kendaraan yang melintas. Dari analisa kami, kepadatan arus akan terjadi mulai pukul 09.00 WIB, namun apabila sebelum jam itu sudah padat maka langsung kami berlakukan," kata Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Trenggalek, AKP Untung Bagiyo Riyanto, Rabu.

Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan jalur-jalur alternatif untuk memecah konsentrasi kendaraan dengan melintasi jalan kampung yang ada di sekitar wilayah Durenan.

Menurutnya, pengalihan arus tersebut dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Lalu lintas dari arah Tulungagung akan dialihkan melalui jembatan merah ke selatan, selanjutnya ke arah barat hingga tembus jalur lingkar barat.

"Sedangkan arus kendaraan dari Trenggalek yang menuju ke arah Tulungagung tetap menggunakan jalur utama. Ini adalah kegiatan tahunan, sehinga kami yakin jalur alternatif yang kami sediakan akan efektif untuk memperlancar lalu-lintas," imbuhnya.

Kepolisian Trenggalek rencananya juga akan memasang pembatas lajur jalan dengan mengguankan "traffic cone" dan tali. Hal ini dilakukan agar arus lalu-lintas dari dua arah tidak saling bersinggungan.

Sementara itu dalam pengamanan tradisi yang lebih dikenal dengan nama "kupatan" tersebut, Polres Trenggalek bakal menerjunkan 200 personil kepolisian, yang dibagi di 34 titik di wilayah kecamatan Durenan dan Pogalan.

"Jadi pengamanan di beberapa pos pengamanan lebaran seperti di terminal, kemudian masjid bintang dan Alga kami alihkan ke Durenan. Termasuk yang poskotis yang ada di wilayah Pantai Prigi juga kami tarik untuk membantu pengamanan kupatan," jelas Untung.

Dijelaskan, dari hasil analisa dan dan rekayasa kepolisian, kepadatan arus lalu-lintas di wilayah Durenan akan berlangsung selama lima jam, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

"Jadi dari pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, sekitar pukul 15.00 WIB itu arus lalu-lintas sudah 'clear'. Kemudian yang berbeda, nanti kami akan membantu menyeberangkan warga secara bergerombol, artinya dalam jumlah banyak, tidak satu per satu," paparnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi kemacetan serupa di acara lebaran ketupat di Kelurahan Kelutan Kecamatan Trenggalek, pihaknya menerjunkan 35 anggota kepolisian dari berbagai kesatuan.

Selain itu, Satlantas juga bakal mengalihkan arus lalu-lintas dari Tulungagung ke Ponorogo melewati Kecamatan Karangan. Pengalihan ini akan diberlakukan apabila volume kendaraan mulai padat.

"Untuk wilayah Kelutan itu kemacetan dipicu oleh sejumlah acara hiburan seperti dangdut maupun barongsai, sedangkan untuk Kamis depan kami belum menerima pemberitahuan apakah acara serupa akan digelar atau tidak," kata AKP Untung Bagiyo Riyanto.

Baca Juga Tradisi Lebaran Kupat Di Durenan Trenggalek

Informasi Lebaran Kupat Jalur Trenggalek Tulungagung Berlakukan Sistem Buka Tutup bersumber http://www.antarajatim.com/lihat/berita/115837/trenggalek-terapkan-buka-tutup-lalu-lintas-lebaran-ketupat

Advertiser